Jateng
Kamis, 15 Februari 2018 - 11:50 WIB

PRESTASI KUDUS : Game Karya MAN 2 Kudus Terbaik di Asia Tenggara

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tiga siswa MAN 2 Kudus membukukan prestasi juara dalam lomba game development se-Asia Tenggara yang diselenggarakan SEAMEO. (nu.or.id)

Prestasi dibukukan MAN 2 Kudus dengan membuat game yang dinilai terbaik di Asia Tenggara.

Semarangpos.com, KUDUS — Tiga pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabupaten Kudus, Jawa Tengah berhasil meraih gelar juara pertama dalam perlombaan pembuatan aplikasi game atau permainan edukasi tingkat Asia Tenggara yang diselenggarakan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) di Bangkok, Thailand.

Advertisement

Menurut salah seorang pelajar MAN 2 Kudus Amik Rafly Azmi Ulya di Kudus, Senin (12/2/2018), aplikasi permainan yang bersifat edukasi tersebut disusun bersama dua temannya, yakni Umar Said Gunawarman dan Muhammad Abdul Masjid. Dalam memainkan permainan tersebut, katanya, cukup menginstal aplikasi permainan SE AR (animal education based on augmented reality) di smartphone, selanjutnya kamera telepon diarahkan ke objek gambar hewan yang disediakan.

“Hewan yang awalnya berbentuk gambar di kertas, akan tampil seperti sungguhan dan bisa digerakkan,” ujar siswa Jurusan MIPA Kelas XII di MAN 2 Kudus itu. Selain itu, dalam game yang membukukan prestasi membanggakan bagi Kudus, Jateng tersebut, setiap gambar memunculkan informasi tentang karakteristik hewan, serta menampilkan suara sesuai jenis hewan yang ada di gambar.

Aplikasi game SE AR merupakan aplikasi pendidikan tiga dimensi (3D) berbasis realitas bertambah (augmented reality/AR) yang mengajak anak mau belajar tentang hewan lewat visualisasi aplikasi tiga dimensi tersebut. Jumlah contoh hewan yang disediakan, untuk sementara tujuh hewan, yakni kuda, jerapah, anjing, hiu, garuda, ayam jago, dan unta.

Advertisement

Dalam mengikuti perlombaan di ajang game development tingkat Asia Tenggara, ketiga pelajar tersebut hanya mengikuti secara online. “Mulai dari pelatihan hingga pembuatan projeknya dilakukan secara daring atau online,” ujarnya.

Demikian halnya, kata dia, ketika melakukan presentasi juga melalui teleconference. Dalam penyusunan program aplikasi permainan yang akhirnya membukan prestasi membanggakan tersebut, para pelajar MAN 2 Kudus itu membutuhkan waktu 25 hari yang mulai dikerjakan pada Desember 2017. Sementara awal Januari 2018, kata dia, fokus untuk finishing.

Untuk mencari ide awal yang berlangsung selama lima hari, ketiga pelajar tersebut dibantu Miftakhul Falah sebagai guru pendamping. Awalnya, kata dia, dirinya bersama temannya memiliki dua ide, namun setelah mendapatkan penjelasan dari guru pendamping bahwa aplikasi yang berpeluang menjadi juara harus sederhana dan simpel.

Advertisement

“Karena sifatnya edukasi, maka kami mencoba membuat media pembelajaran visualisasi yang lebih baik agar anak-anak bisa menvisualisasikan hewan dengan baik tanpa harus melihatnya secara langsung di kebun binatang,” ujarnya. Hasilnya, ketiga pelajar tersebut berhasil menjadi yang terbaik dalam perlombaan yang diselenggarakan oleh Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) di Bangkok Thailand dan berhasil menyisihkan 992 peserta dari enam negara.

Kepala MAN 2 Kudus Shofi mengaku, bersyukur anak didiknya berhasil membukukan prestasi juara pada ajang perlombaan game development tingkat Asia Tenggara yang diselenggarakan SEAMEO dengan diikuti 992 peserta itu. Para pelajar MAN 2 Kudus, Jateng tersebut, kata dia, menerima penghargaan berupa piagam serta uang pembinaan senilai US$500 di kantor perwakilan SEAMEO, Jakarta, Selasa (6/2/2018).

“Mudah-mudahan, prestasi tersebut membawa dampak positif bagi MAN 2 Kudus di dunia internasional, demikian halnya Kementerian Agama,” ujar Shofi. Aplikasi permainan SE AR akan disempurnakan agar nantinya dapat diunduh lewat Google Play Store sehingga masyarakat bisa menikmati dan memainkannya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif