Ilustrasi Pemilu 2019. (kpu.go.id) Ilustrasi Pemilu 2019. (kpu.go.id)
Rabu, 14 Februari 2018 16:55 WIB I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Usai Dinyatakan Lolos Verifikasi, Parpol Lakukan Konsolidasi

Semua dilakukan demi meraih target masing-masing

Solopos.com, JOGJA-Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY menyatakan 16 partai calon peserta Pemilu 2019 lolos verifikasi di tingkat kabupaten dan kota, beberapa parpol langsung tancap gas dengan melakukan konsolidasi internal dan eksternal.

Semua dilakukan demi meraih target masing-masing. Target itu misalnya ingin meraih kursi lebih banyak atau cukup mempertahankan apa yang sudah dicapai.

Ketua DPD PDI-Perjuangan DIY Bambang Praswanto mengungkapkan, partai yang identik dengan lambang banteng itu sudah melakukan konsolidasi internal agar mesin partai bisa benar-benar berjalan. Hal ini juga dilakukan untuk memastikan semua program kerja di bidang pendidikan, kesehatan, dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dijalankan sampai cabang partai terbawah.

Konsolidasi eksternal pun sudah mulai dilaksanakan. Bambang mengaku sudah menginstruksikan para anggota Fraksi PDI-Perjuangan untuk turun ke akar rumput demi mendengarkan aspirasi dan keluhan masyarakat, sehingga solusinya bisa segera ditemukan.

“Keluhan dan keinginan masyarakat akan kami tampung dan cari solusinya. Sengaja kami melakukan koordinasi lebih awal karena memiliki beberapa target,” ucapnya melalui sambungan telepon, Senin (12/2/2018).

Target yang diusung DPD PDI-Perjuangan DIY, sambung Bambang, di antaranya adalah meningkatkan jumlah perolehan suara. Pada pemilu sebelumnya jumlah suara yang diperoleh sebesar 23,7% dan ditargetkan menjadi di atas 30%. Target lainnya yakni menambah tiga sampai empat kursi di DPRD DIY (saat ini perolehan kursi sebanyak 14 kursi di DPRD DIY). Target yang sama juga diusung di seluruh pemerintahan tingkat dua DIY dan menambah satu kursi di DPR RI.

“Dari tahun 1999 sampai 2014 hanya dapat dua kursi. Ke depan ingin tambah satu. Optimistis target bisa diraih dengan konsolidasi yang solid dan kompak,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPW PPP DIY Amin Zakaria mengutarakan, untuk mencapai target yang telah dicanangkan, pihaknya sudah melakukan komunikasi intensif dengan kader di struktur DPW, DPC, dan di luar struktur. Selain itu, fokus lain adalah penguatan organisasi.

Amin merinci ada beberapa target yang ingin diraih seperti menjadikan PPP partai yang modern, profesional, bersih dan peduli. Target lain adalah meraih kursi sebanyak satu fraksi penuh di setiap kabupaten/kota dan DPRD DIY. “Di DPRD DIY ada dua kursi. Semnetara di Sleman, Jogja, dan Bantul masing-masing empat anggota DPRD. Target kami yang lain adalah menempatkan minimal satu wakil di DPR RI,” jelasnya.

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…