Gubernur Jawa Tengah (Jateng) GanjarPranowo. (JIBI/Solopos/Antara/Harviyan Perdana Putra) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) GanjarPranowo. (JIBI/Solopos/Antara/Harviyan Perdana Putra)
Rabu, 14 Februari 2018 15:50 WIB Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

PILKADA 2018
Sebelum Cuti, Ganjar Lantik 5 Penjabat Kepala Daerah

Pilkada 2018 diwarnai pelantikan penjabat kepala daerah.

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu (14/2/2018), melantik lima penjabat bupati dan wali kota yang terlibat dalam pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018. Pelantikan itu dilakukannya sehari sebelum ia melakukan cuti untuk menjalani kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng .

Pelantikan kelima penjabat kepala daerah itu dilakukan Ganjar di Gedung Gradhika Bakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jateng, Semarang. Mereka adalah Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Priyo Anggoro Budi Raharjo yang kini merangkap jabatan sebagai pelaksana tugas (plt.) bupati Karanganyar, Kepala Satuan Polisi Pamong Jateng Praja Sinoeng Noegroho Rachmadi menjabat plt. bupati Tegal, Kepala Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah Setda Jateng Tavip Supriyanto sebagai plt. bupati Magelang, Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Achmad Rofai sebagai plt. wali kota Tegal, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa , Kependudukan, dan Catatan Sipil Jateng Sudaryanto sebagai plt. bupati Temanggung.

“Saya ambil [pelantikan] hari ini karena bertepatan dengan Hari Valentine. Semoga para penjabat juga bisa mencintai masyarakatnya. Agar bisa mencintai daerah dengan baik, maka layanilah rakyat di tempat bapak masing-masing dengan baik,” ujar Ganjar dalam sambutannya.

Politikus PDI Perjuangan yang kembali dicalonkan partai politinya sebagai calon gubernur melalui Pilgub Jateng dalam rangkaian pilkada serentak 2018 itu juga meminta para penjabat melakukan silaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat di daerah penugasan masing-masing untuk menciptakan pemilu yang aman dan damai. Ia juga berpesan agar para penjabat kepala daerah itu memerhatikan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM).

Selain itu, Ganjar Pranowo juga menginstruksikan para penjabat kepala daerah mengawasi anggaran dana desa di wilayah mereka. “APB Desa Rp853 juta per desa agar dimaksimalkan. IVA test kit dorong, angka kematian ibu melahirkan ditekan. Pengelolaan pemerintah kita terbaik kedua se-Indonesia harus dipertahankan,” tegas calon gubernur yang dalam pilkada atau Pilgub Jateng 2018 ini berpasangan dengan calon wakil gubernur Taj Yasin itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…