Jogja
Rabu, 14 Februari 2018 - 08:40 WIB

Pemkab Bantul Usulkan Rekrut 2.643 CPNS

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pegawai negeri sipil (PNS). (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Waktu pelaksanaan rekrutmen belum bisa dipastikan.

Harianjogja.com, BANTUL–Pemkab Bantul mengajukan rekrutmen 2.643 calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pemerintah juga meminta Pusat mencabut moratorium atau penghentian sementara rekrutmen CPNS yang diberlakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN – RB) terhadap Kabupaten Bantul.

Advertisement

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bantul, Danu Suswaryanta membenarkan hal tersebut. Dikatakannyam dari usul rekrutmen sebanyak 2.643 CPNS, Pemkab mengajukan formasi di jabatan fungsional tertentu seperti guru dan tenaga kesehatan. “Guru di atas 1500-an. Tenaga kesehatan seperti bidan dan dokter di atas 350-an,” katanya, Selasa (13/2/2018).

Namun demikian, Danu menyebut belum tentu KemenPAN-RB menyetujui seluruh pengajuan tersebut. Apalagi pengajuan tersebut dilakukan secara berlapis. Jumlah formasi yang diusulkan ini bakal diajukan KemenPAN-RB dan Kementerian Keuangan yang berwenang menyetujui. Itu dikarenakan rekrutmen CPNS juga memerhatikan kemampuan keuangan negara.

Tetapi Danu memperkirakan Pemkab Bantul bakal mendapatkan slot sekitar 500-an CPNS. Ini mengacu jumlah aparatur sipil negara (ASN) yang memasuki pensiun tahun ini sejumlah 507 orang. Sementara yang lain, Danu mengatakan pemerintah pusat bakal menggelar rekrutmen secara bertahap setiap tahunnya.

Advertisement

Danu juga belum dapat memastikan kapan rekrutmen CPNS Pemkab Bantul pada 2018 ini bakal dilaksanakan. Namun ia berharap rekrutmen ini dapat dilakukan sebelum pertengahan tahun. Danu juga menegaskan Pemkab siap jika rekrutmen tersebut dilakukan lebih awal. Apalagi Pemkab telah mengalokasikan anggaran seleksi CPNS dan gaji bagi sekitar seribuan ASN baru.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif