Liverpool (JIBI/Reuters/Carl Recine)
Rabu, 14 Februari 2018 09:00 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Liga Champions Share :

LIGA CHAMPIONS
Porto Vs Liverpool: Faktor Sejarah Berpihak pada Si Merah

Liga Champions akan menyajikan duel Porto vs Liverpool.

Solopos.com, PORTO — Liverpool menandai comeback mereka ke Liga Champions dengan lolos ke babak 16 besar pada musim ini. Namun, tim berjuluk The Reds (Si Merah) tersebut tentu tak mau puas sampai di sini.

Pengoleksi lima trofi Liga Champions tersebut ingin terus lanjut ke babak berikutnya. Beruntung, lawan The Reds di babak 16 besar tidak segarang seperti Paris Saint Germain (PSG) atau Barcelona. Mereka akan bertemu dengan wakil Portugal, FC Porto.

Meski pernah sama-sama mengoleksi Si Kuping Lebar, julukan trofi Liga Champions, Liverpool lebih diunggulkan ketimbang Porto. The Reds akan bertamu ke markas Porto pada leg pertama di Stadion Do Dragao, Porto, Kamis (15/2/2018) pukul 02.45 WIB.

Liverpool lolos ke babak 16 besar dengan mendulang 23 gol dalam enam laga di Grup E. Sementara Porto finis kedua Grup G dengan meraup 15 gol. Selain lebih unggul dari produktivitas gol,The Reds juga diuntungkan dengan faktor sejarah.

The Reds tak pernah menelan kekalahan dalam empat pertemuan melawan Porto di kompetisi Eropa. Keempat pertemuan itu terjadi di abad ke-21 ini. Liverpool masing-masing meraih dua kemenangan di kandang, dan menorehkan dua hasil imbang di Do Dragao.

Liverpool pun bisa diuntungkan karena Porto tidak bisa menurunkan kekuatan penuhnya di laga ini. The Dragons (Sang Naga), julukan Porto, masih hara-harap cemas menanti pemulihan bek Ivan Marcano. Bek berusia 30 tahjun itu tidak main sejak 24 Januari lalu karena cedera. Sementara tandem Marcano, Felipe, terkena sanksi setelah diusir keluar lapangan pada pertandingan penutup fase grup Liga Champions, awal Desember 2017 lalu.

Porto bukan hanya bermasalah di bagian belakang. Di barisan depan, top scorer mereka, Vincent Aboubakar, tidak dalam kondisi fit 100 persen. Bomber asal Kamerun yang melejit dengan 26 gol dalam 32 laga di musim ini tersebut membatasi waktu latihan karena masih bermasalah mengenai kebugarannya.

Sementara The Reds hanya kehilangan Emre Can yang terkena sanksi. Jadi, Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, memiliki banyak opsi untuk meramu skuatnya. Namun di pos penjaga gawang, Klopp sepertinya akan mempertahankan Loris Karius ketimbang Simon Mignolet. Karius menunjukkan konsistensinya dengan mengemas dua clean sheet dalam tiga pertandingan terbaru Liverpool di Liga Premier.

“Yang terbaik yang akan dipasang [melawan Porto],” ujar Klopp dengan tegas, seperti dilansir Express.co.uk, Selasa (13/2/2018).

lowongan pekerjaan
SALESMAN/GIRL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Darmanto Jatman Bercerita Jawa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (15/01/2018). Esai ini karya Bandung Mawardi, seorang kritikus sastra. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Rumah dalam pemahaman peradaban Jawa adalah ruang hidup untuk menjadikan manusia ada dan berada. Pemahaman itu menunjukkan konstruksi…