Jogja
Rabu, 14 Februari 2018 - 11:55 WIB

Dewan Minta Pemkab Gunungkidul Cepat Tangani Tanah Ambles

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepala Desa Krambilsawit Wagiya saat memperlihatkan tanah ambles di Dusun Ngondel Kulon, Krambilsawit, Saptosari, Senin (29/1/2018). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Jumlah kasus tanah ambles terus bertambah, tetapi solusi yang pas belum dilakukan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul segera mendata dan menangani tanah ambles yang terjadi di beberapa titik di wilayah tersebut.

Advertisement

Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul Purwanto mengatakan, tidak hanya masalah tanah ambles, tetapi semua permasalahan dampak bencana akhir November 2017 harus segera ditangani. “Pastikan dahulu, didata semua karena dikhawatirkan akan ada yang tertinggal atau tidak terdata. Nantinya akan merugikan masyarakat atau korban bencana kalau tidak terdata,” ujarnya kepada Harianjogja.com, Selasa (13/2).

Dia juga mengimbau kepada publik segera melaporkan ke pemerintah desa jika mengetahui ada kejadian serupa. Dari laporan itu, pemerintah desa diminta segera meneruskan ke pemerintah yang lebih tinggi agar ada tindak lanjut. Menurutnya, persoalan ini sebenarnya dapat ditangani Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Lembaga tersebut juga dapat membantu masalah anggaran.

“Status kebencanaan bisa dimintakan ke BNPB Pusat, tinggal bagaimana gerak pemerintah agar cepat mendata itu. Ya saat penanganan dampak bencana, kemarin cukup baik. Namun, masih kurang maksimal,” ujarnya.

Advertisement

Dampak bencana Badai Cempaka yang sampai saat ini masih menyisakan masalah panjang, menurut dia, adalah tanah ambles. Apalagi jumlah kasus tersebut terus bertambah, sedangkan solusi yang pas belum juga dilakukan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif