Jatim
Selasa, 13 Februari 2018 - 09:05 WIB

Satpol PP Surabaya Bentuk 13 Tim, Ada Wiro Sableng dan Judge Bao

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)

Satpol PP Surabaya membentuk 13 tim berjuluk unik.

Solopos.com, SURABAYA — Sebanyak 13 tim yang beranggotakan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya dibentuk untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Ketiga belas tim itu mendapat julukan unik sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Advertisement

Kepala Satpol PP Kota Surabaya Irvan Wadyanto mengatakan pemberian nama unik di setiap tim tersebut agar lebih mudah diingat serta untuk menghilangkan kesan arogan bagi masyarakat.

“Meski unik, mereka tetap menjalankan penegakan perda dengan tegas,” katanya dalam siaran pers yang diterima Bisnis/JIBI, Senin (12/2/2018).

Adapun 13 tim tersebut diberi nama tim Kungfu Panda (patroli menertibkan reklame ilegal), tim Kombros (kompor ngebros- membantu petugas pemadam kebakaran), tim Judge Bao (eksekutor penindakan penertiban bangunan liar dan PKL), tim Kaypang (menjaring gelandangan dan pengemis), tim Segway (anggota perempuan yang menangani pengamanan ibu-ibu dan anak-anak serta pedestrian).

Advertisement

Selain itu ada tim Undur-Undur (mensterilkan jalur pedestrian dari PKL dengan menggunakan sepatu roda), tim Rembug (menjelasan dan sosialisasi perda), tim Becak Air (patroli dan pengamanan di sepanjang sungai dan daerah pesisir), tim Pikachu (tim huru-hara), tim Asuhan Rembulan (menjaga kondusivitas kota dan berpatroli mulai pukul 20.00 hingga pagi).

Selanjutnya, ada tim Odong-Odong (berpatroli keliling kota menggunakan motor trail), tim Pinky Trail (semua anggota perempuan menggunakan trail warna pink), dan yang terbaru tim Wiro Sableng untuk menjaga markas komando dan siap diterjunkan dalam menghadapi segala jenis situasi.

“Diberi nama Wiro Sableng karena tim ini dibentuk pada tanggal 2 Bulan 12 atau Desember, dan ini sama persis dengan tatonya 212 di dada Wiro Sableng,” jelas Irvan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif