Para pengunjung Pantai Pasir Kadilangu menaiki perahu untuk menjelajahi kawasan wisata mangrove yang terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja) Para pengunjung Pantai Pasir Kadilangu menaiki perahu untuk menjelajahi kawasan wisata mangrove yang terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)
Selasa, 13 Februari 2018 11:40 WIB Beny Prasetya/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

Resort dan Premium Outlet Bakal Berdiri di Kulonprogo

TWC bakal bangun tiga tempat penyangga wisata.

Solopos.com, KULONPROGO–Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko bakal membangun tiga lokasi sebagai penyangga wisata di Kulonprogo.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo,  Niken Probo Laras, Senin (12/02/2018).  TWC sendiri telah mengajukan untuk mendirikan tiga bangunan sebagai tempat penyangga wisata di Kulonprogo.

Tiga lokasi itu akan dibangun  resort, restoran, dan premium outlet. Ketiga tempat tersebut bakal berdiri di lokasi yang berbeda. Untuk restoran  bakal bertempat di Temon sekitar lokasi  mangrove di Kecamatan Temon. Premium outlet akan dibangun di Nglinggo, Samigaluh. Terkhir resort, akan berdiri di Girimulyo.

Terkait lahan yang disediakan, Dinas Pariwisata sedang mengidentifikasi lahan yang potensial dan layak digunakan sebagai tempat penyangga wisata. “Masih menunggu identifikasi dan dinas terkait, bagaimana nantinya kami akan bertemu dengan TWC,” jelasnya.

Bentuk kerja sama dengan TWC rencananya akan dibahas di pertemuan mendatang. Niken memastikan urusan infrastruktur jalan Pemerintah Kabupaten akan memberikan akses karena sejalan dengan Program Bedah Menoreh.

Kolom

GAGASAN
Guru Honorer

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (7/2/2018). Esai ini karya Roko Patria Jati, dosen di Institut Agama Islam Negeri Salatiga. E-mail penulis adalah bee.ascholar@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tragedi yang mencoreng dunia pendidikan Indonesia muncul lagi bak serial drama televisi yang terus…