Juliyatmono-Rober Christanto dan tim sukses (timses) Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih saling berjabat tangan di KPU Karanganyar, Senin (12/2/2018). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos) Juliyatmono-Rober Christanto dan tim sukses (timses) Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih saling berjabat tangan di KPU Karanganyar, Senin (12/2/2018). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)
Selasa, 13 Februari 2018 05:35 WIB Ponco Suseno/JIBI/Solopos Karanganyar Share :

PILKADA 2018
Setelah Penetapan, Hari Ini Giliran Pengundian Nomor Urut Cabup-Cawabup Karanganyar

KPU Karanganyar telah menetapkan dua pasangan calon yakni Yuli-Rober dan Rohadi-Ida sebagai peserta Pilkada 2018.

Solopos.com, KARANGANYAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar secara resmi sudah menetapkan Juliyatmono-Rober Christanto dan Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih sebagai pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Penetapan pasangan calon dilangsungkan di Kantor KPU Karanganyar, Senin (12/2/2018) pukul 10.00 WIB. Paslon Juliyatmono-Rober Christanto hadir di acara itu. Sedangkan Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih diwakili tim sukses (timses).

Pasangan calon Juliyatmono-Rober Christanto dan Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih selanjutnya bakal mengikuti pengundian nomor urut di Gedung Paripurna DPRD Karanganyar, Selasa (13/2/2018) pukul 09.00 WIB. Jadwal pengundian nomor urut ini diperkirakan dibanjiri pendukung kedua pasangan calon.

“Saat pengundian nomor urut, masing-masing paslon harus datang. Ada dua tata cara yang akan dilakukan saat pengambilan nomor urut besok. Yang pertama masing-masing pasangan calon akan mengambil nomor urut untuk menentukan siapa yang memperoleh jatah kali pertama mengambil nomor urut. Selanjutnya, pasangan calon dipersilakan mengambil nomor urut sesuai hasil pengundian yang pertama,” kata Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho, saat ditemui wartawan di KPU Karanganyar, Senin.

Baca:

KPU Karanganyar Tetapkan Dua Pasangan Cabup-Cawabup

Perusakan Spanduk Bergambar Pasangan Calon Peserta Pilkada 2018 Marak di Karanganyar

Anggota Komisioner Divisi Teknis KPU Karanganyar, Muhammad Maksum, mengatakan jadwal pengundian nomor urut pasangan calon di DPRD Karanganyar dimulai pukul 09.00 WIB. KPU akan membatasi jumlah pendukung yang masuk ke DPRD Karanganyar.

Pembatasan jumlah pendukung yang diperbolehkan masuk ke DPRD semata-mata untuk menjaga kondusivitas keamanan. “Pendukung yang diperbolehkan masuk ke gedung paripurna [DPRD Karanganyar] maksimal 50 orang untuk masing-masing pasangan calon. KPU Karanganyar juga sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan terkait pengamanan selama tahapan pengundian nomor urut,” katanya.

Di sisi lain, sejumlah pendukung atau sukarelawan masing-masing pasangan menyatakan siap menghadiri pengundian nomor urut paslon di DPRD Karanganyar, Selasa ini. “Kami akan mengawal Juliyatmono-Rober Christanto saat pengundian nomor urut besok,” kata Ketua Sukarelawan Garuda Sakti Karanganyar sekaligus Ketua Gardal Karanganyar, Novel.

Terpisah, Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Karanganyar juga siap mendampingi Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih saat pengundian nomor urut di DPRD Karanganyar. “Yang hadir perwakilan saja. Kami belum ada rencana mengerahkan massa,” katanya.

Kabagops Polres Karanganyar, Kompol Sony Suharna, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto, kepolisian yang akan menerjunkan 133 personel untuk mengamankan pengundian nomor urut pasangan calon. Jumlah itu akan ditambah anggota Kodim/0727 Karanganyar, Satpol PP Karanganyar, dan Kesbangpolinmas Karanganyar.

“Kami siap mengamankan tahapan pengundian nomor urut besok [hari ini]. Sesuai rencana, kami akan membuat pagar pemisah jika pendukung yang datang banyak. Kami berharap kegiatan besok berjalan lancar. Masing-masing pendukung harus saling menghargai dan menghormati adanya perbedaan,” katanya.

lowongan pekerjaan
SALESMAN/GIRL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…