Ilustrasi. (dok/JIBI/Solopos) Ilustrasi siswa SMA (Dok/JIBI/Solopos)
Selasa, 13 Februari 2018 17:15 WIB Insetyonoto/JIBI/SOLOPOS Pendidikan Share :

PENDIDIKAN SOLO
Jumlah SMAN di Solo Terapkan Lima Hari Sekolah Bertambah

Jumlah SMAN di Solo yang menerapkan lima hari sekolah bertambah.

Solopos.com, SOLO—Jumlah sekolah menengah atas negeri (SMAN) di Solo yang menerapkan lima hari sekolah bertambah pascaterbitnya Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87 tahun 2017 tentang Pendidikan Karakter.

Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Solo, Agung Wijayanto, mengatakan tujuh dari delapan SMAN sudah menerapkan lima hari sekolah. (baca: PENDIDIKAN SOLO : PPDB SMP Juga Gunakan Sistem Zonasi)

“Tinggal SMAN 1 Solo yang belum menerapkan lima hari sekolah,” katanya kepada Solopos.com di Solo, Senin (12/2/2018).

Pada awal penerapan lima hari sekolah pada Juli 2017, lanjut Agung, hanya ada dua SMAN yakni SMAN 6 dan SMAN 7. Kemudian menyusul SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, dan SMAN 8 yang menerapkan lima hari sekolah.

“Kami tidak mengetahui alasan SMAN 1 Solo belum menerapkan lima hari sekolah,” imbuhnya.

Sedangkan untuk SMA swasta, menurut Agung, data terakhir dari 27 SMA swasta yang yang telah menerapkan lima hari sekolah, yakni SMA Muhammadiyah 6, SMA Muhammadiyah 3, SMA Muhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat, dan SMA Pelita Nusantara.

“Belum ada laporan SMA swasta lainnya yang telah menerapkan lima hari sekolah,” ungkapnya.

Agung yang juga Kepala SMAN 6 Solo, menambahkan  dari hasil evaluasi pelaksanaan lima hari sekolah sudah tidak ada kendala.

Sementara itu, Sekretaris II MKKS SMK Solo, Saefudin Azis, mengatakan dari jumlah SMK negeri dan swasta sebanyak 49 sekolah yang telah melaksanakan lima hari sekolah sebanyak 29 sekolah.

Di antara sekolah-sekolah kejuruan itu ada sembilan SMKN, yakni SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, SMKN 7, SMKN 8, dan SMKN 9.

“Sedangkan dari 40 SMK swasta yang telah menerapkan lima hari sekolah sebanyak 20 SMK,” kata dia.

Pelaksanaan lima hari sekolah, lanjut dia, tidak diwajibkan dan diserahkan kepada masing-masing sekolah terkait kesiapan.

“Kalau sekolah sudah siap dan mendapatkan persetujuan siswa dan orang tua siswa silakan melaksanakan lima hari sekolah,” ujar Azis yang juga Kepala SMK Al Islam Solo.

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…