Jatim
Selasa, 13 Februari 2018 - 01:05 WIB

BENCANA PACITAN : Sempat Putus Akibat Longsor, Jalan Pacitan-Ponorogo Kembali Lancar

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanah longsor (JIBI/Solopos/Antara)

Bencana Pacitan, jalan Pacitan-Ponorogo sempat terputus akibat tanah longsor.

Madiunpos.com, PACITAN — Jalan antarkabupaten Pacitan-Ponorogo kembali bisa dilalui kendaraan bermotor setelah setelah sempat terputus di titik Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo, Pacitan, akibat bencana tanah longsor.

Advertisement

“Akses di jalur Pacitan-Ponorogo sudah bisa dilalui namun gantian (buka-tutup),” konfirmasi Sekretaris BPBD Pacitan Ratna Budiono di Pacitan, Minggu (11/2/2018) malam.

Informasi dari Tim Reaksi Cepat Kecamatan Tegalombo, longsor terjadi Minggu sejak sekitar pukul 17.50 WIB. Banyaknya material longsor dari atas tebing menyebabkan badan jalan provinsi itu tertimbun sepenuhnya, sehingga akses kendaraan putus total pada pukul 18.00 WIB.

Akibatnya, antrean kendaraan dari arah Pacitan menuju Ponorogo maupun sebaliknya menumpuk. Upaya penanganan awal dan normalisasi lalu segera dilakukan. Alat berat dikerahkan ke titik longsor yang memutus akses jalan tersebut.

Advertisement

Menurut keterangan petugas di sekitar lokasi longsor Kecamatan Tegalombo, Jatmiko, alat berat langsung dikerahkan pihak Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional untuk menyingkirkan material timbunan yang menutup akses vital keluar-masuk Pacitan tersebut.

“Izin lokasi longsor di Dusun Krajan, Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo, saat ini sudah bisa dilalui segala jenis kendaraan. Masih bersifat buka-tutup,” kata Jatmiko.

Selain tanah longsor, banjir juga dilaporkan melanda wilayah Desa Tremas, Kecamatan Arjosari, Pacitan. Banjir tersebut menyebabkan jembatan warga Gupit, Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, ambrol terkena banjir bandang.

Advertisement

Masih di wilayah Kecamatan Arjosari, di Daerah Tinatar yang merupakan hulu sungai yang tembus sedayu diterjang banjir, akibatnya sejumlah desa di Kecamatan tersebut terdampak banjir.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif