News
Selasa, 13 Februari 2018 - 18:30 WIB

70.000 Bhabinkamtibmas Dikerahkan Jaga Tempat Ibadah

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Polisi memperluas pemasangan garis polisi hingga pagar luar Gereja St Lidwina, Sleman, Minggu (11/2/2018). (Harian Jogja/Abdul Hamid Razak)

Sebanyak 70.000 Bhabinkamtibmas akan dikerahkan untuk menjaga tempat-tempat ibadah.

Solopos.com, JAKARTA — Mabes Polri akan mengerahkan sebanyak 70.000 Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas)? untuk membantu mengamankan sejumlah tempat ibadah. Belakangan, terjadi beberapa kali kasus teror dan serangan terhadap tempat ibadah.

Advertisement

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto ,?mengemukakan Bhabinkamtibmas tersebut rencananya tidak hanya akan dikerahkan pada sejumlah tempat ibadah di Pulau Jawa, tetapi juga wilayah di luar Jawa yang diprediksi rawan. Menurutnya, kepolisian kini sudah menempatkan sebanyak 50.000 Bhabinkamtibmas yang masing-masing anggota Bhabinkamtibmas membawahi sekitar 3 desa.

“Total jumlah Bhabinkamtibmas saat ini ada sekitar 70.000. Sekarang kita sudah menempatkan sebanyak 50.000 Bhabinkamtibmas, jadi masih ada 20.000 Bhabinkamtibmas yang belum ditempatkan,” tuturnya, Selasa (13/2/2018).

Dia menjelaskan sebelum seorang anggota Bhabinkamtibmas diterjunkan ke mas?yarakat, anggota tersebut harus menjalani pelatihan terlebih dulu. Menurutnya, pelatihan tersebut bertujuan agar anggota Bhabinkamtibmas tersebut tanggap terhadap perkembangan situasi, bisa menjadi pemecah solusi setiap ada permasalahan di masyarakat dan menjadi negosiator di tingkat desa.

Advertisement

“Jadi nanti kalau ada masalah di masyarakat, tidak perlu lagi memajukan masalah ke pengadilan. Bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Nah, kalau semuanya masuk ke pengadilan, nanti penjaranya bakal penuh,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif