Pemain Persija, Jaimerson Da Silva Xavier (tengah), meluapkan kegembiraan bersama timnya seusai berhasil mencetak gol ke gawang PSMS dalam babak semifinal leg ke-1 Piala Presiden 2018 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (10/2/2018). (JIBI/Solopos/M. Ferri Setiawan)
Senin, 12 Februari 2018 01:25 WIB Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos Indonesia Share :

PIALA AFC 2018
Jadwal Padat, Persija Bisa Terhambat

Piala AFC 2018 diikuti oleh Persija Jakarta.

Solopos.com, SOLO — Persija Jakarta tidak punya kesempatan untuk bernapas lega. Usai mengemas kemenangan 4-1 atas PSMS Medan di leg pertama babak semifinal Piala Presiden 2018, Sabtu (10/2/2018), Macan Kemayoran harus menghadapi tim yang sama di leg kedua, Senin (12/2/2018).

Terlepas bagaimana hasil dari pertandingan leg kedua yang kembali digelar di Stadion Manahan, skuat Persija harus terbang ke Malaysia beberapa jam setelah pertandingan. Lagi-lagi, Ismed Sofyan dkk. hanya punya waktu sehari untuk menjalani pemulihan pascapertandingan. Pada Rabu (14/2/2018), anak asuh Stefano Cugurra Teco harus menjalani laga perdana AFC Cup 2018 menghadapi Johor Darul Takzim (JDT) di Stadion Tan Sri Dato Haji Hassan Yunos, Johor Baru, Malaysia.

Berdasarkan peraturan FIFA, jajaran pemain dan pelatih Persija harus sudah tiba di Johor dua hari sebelum laga. Itu sebabnya, jadwal leg kedua semifinal Piala Presiden 2018 melawan PSMS Medan yang sedianya digelar pada Senin malam pukul 19.30 WIB akhirnya dimajukan menjadi pukul 14.30 WIB.

“Kita benar-benar dihadapkan pada jadwal pertandingan yang padat. Ada tiga pertandingan penting yang harus dijalani dalam waktu lima hari. Masa recovery hanya sehari. Saya kasihan dengan para pemain. Mereka tentu merasa capai karena dipaksa terus bermain,” kata Teco dalam jumpa pers di Balai Persis Solo, Minggu (11/2/2018).

Selain JDT dan Persija, dua tim lainnya yang menempati Grup H adalah Tampines Rovers (Singapura) dan Song Lam Nghe An FC (Vietnam). Babak penyisihan Piala AFC Cup 2018 mulai bergulir Februari hingga April dengan menggunakan format kandang dan tandang. Dua klub yang menempati klasemen teratas akan lolos ke fase berikutnya.

Persija Jakarta sudah menetapkan pemain yang bakal terjun di Piala AFC 2018. Penyerang baru Macan Kemayoran Addison Alves masuk daftar 30 pemain yang dipilih untuk berlaga pada ajang tersebut. Nama Addison Alves sendiri tidak masuk skuat Persija dalam Piala Presiden 2018.

Alves direkrut Persija buat menggantikan posisi Ivan Carlos yang mengalami cedera metatarsal. Eks Persela Lamongan ini diperkirakan harus menepi sekitar empat bulan. “Piala AFC ini penting, tapi prosesnya masih cukup panjang. Fokus kita saat ini ya Piala Presiden dulu yang gelarnya sudah ada di depan mata,” kata Ketua Umum The Jakmania Ferry Indra Sjarief.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…