Petugas berupaya mengevakuasi siswa SD Negeri Trisik di Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kulonprogo dalam simulasi penanganan bencana gempa dan tsunami, Rabu (8/3/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja) Petugas berupaya mengevakuasi siswa SD Negeri Trisik di Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kulonprogo dalam simulasi penanganan bencana gempa dan tsunami, Rabu (8/3/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)
Senin, 12 Februari 2018 18:20 WIB Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

Gara-Gara Dibangun di Kawasan Hijau, 4 Sekolah di Kulonprogo Direlokasi

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo berencana merelokasi empat unit sekolah ke Kawasan Pendidikan Terpadu (KPT)

Solopos.com, KULONPROGO-Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo berencana merelokasi empat unit sekolah ke Kawasan Pendidikan Terpadu (KPT) di Punukan, Kelurahan Wates, Kecamatan Wates.

Tiga sekolah yang terdiri dari dua Sekolah Dasar (SD) dan satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini, dinilai perlu direlokasi karena berada di kawasan ruang terbuka hijau.

Sekretaris Disdikpora Kulonprogo, Eko Teguh Santoso mengatakan, sekolah yang akan direlokasi meliputi SD N Percobaan 2, SD N 2 Wates dan SD N Terbahsari dan SMP N 1 Wates. Menurut dia, rencana relokasi sekolah-sekolah tadi sudah dibahas dalam rapat koordinasi perencanaan relokasi bersama salah satu perguruan tinggi negeri Jogja.

“Penyelenggara sekolah juga sudah siap jika sewaktu-waktu direlokasi di kawasan pendidikan terpadu,” kata dia, Senin (12/2/2018).

Kepala Seksi Sarana Prasarana (Sarpras) SD, Yulianto menjelaskan, di tempat yang baru nanti, sekolah yang digabung itu akan dikelola dalam satu manajemen sekolah. Dalam kegiatan belajar mengajar tiap kelas mulai dari kelas I sampai kelas VI, masing-masing diparalel menjadi empat kelas.

“Dalam rapat koordinasi antara pihak Pemkab dengan PTN, tahun ini dijadwalkan memulai pekerjaan pembangunan sarana dan pra sarana gedung,” tuturnya.

Ia menambahkan, dana sekitar Rp5,5 miliar berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kulonprogo 2018 sedianya dialokasikan untuk merealisasikan relokasi ini. Tahun ini tahapan yang dilakukan adalah memulai pembangunan gedung SD.

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…