Gojek (@GoJek)
Senin, 12 Februari 2018 23:00 WIB Annisa Margrit/JIBI/Bisnis Ekonomi Share :

Digelontor Triliunan Rupiah, Gojek Kembangkan Gopay

Gojek akan menggunakan dana triliunan rupiah dari investor baru salah satunya untuk mengembangkan Gopay.

Solopos.com, JAKARTA — GoJek berencana memperkuat sistem pembayaran GoPay setelah memperoleh kucuran dana melimpah dalam investment round terbarunya. Terakhir, Gojek mendapatkan suntikan dana dari Google dan Astra International.

“Penggunaan dana investasi ini salah satunya untuk mengembangkan GoPay,” ujar President sekaligus Co-Founder GoJek Andre Soelistyo di Jakarta, Senin (12/2/2018).

Layanan pembayaran itu nantinya dapat menjangkau berbagai transaksi offline to online. Manajemen GoJek tengah menunggu persetujuan Bank Indonesia untuk mengoperasikan teknologi pembayaran GoPay berbasis pemindaian kode quick response.

“Mudah-mudahan bulan ini sudah mendapat izin dari Bank Indonesia,” ujarnya.

CEO GoJek Nadiem Makarim menyatakan mulanya pengembangan Go-Pay bukan bertujuan untuk membangun sistem pembayaran. “GoPay dulu dibuat bukan untuk menjadi sebuah payment system, tapi sekadar memecahkan masalah kalau orang sedang enggak pegang duit cash,” ujarnya.

Hanya saja, angka pertumbuhan transaksi di dalam layanan itu terus melonjak signifikan. Di samping itu, pengembangan dompet digital itu terbukti mampu meningkatkan angka transaksi yang dapat meningkatkan pendapatan bisnis skala mikro.

“Dan target kami, 2018 menjadi tahun di mana berbagai aktivitas user tidak perlu lagi keluarkan cash untuk melakukan berbagai transaksi,” ujarnya.

Nadiem menyadari kehadiran GoPay memunculkan berbagai kekhawatiran institusi keuangan. Dia berani memastikan keberadaan platform pembayaran GoPay sama sekali tak berniat untuk menggusur layanan pembayaran perbankan.

“GoPay tidak mungkin ada tanpa bank, sebagian besar top up justru berasal dari transfer bank. Kemitraan dengan bank itu sesuatu yang terus kami jaga untuk bisa mencapai tujuan financial inclusion dan cashless society,” ujarnya,

Nadiem pun turut mengklarifikasi interpretasi terkait rencana keluarnya Go-Pay dari ekosistem Go-Jek. Dia memastikan Go-Pay bakal terus terhubung dengan aplikasi GoJek.

“GoPay tidak akan dipisah dengan GoJek app. Konteksnya bukan dikeluarkan dari app, tapi dapat dipergunakan untuk berbagai bertransaksi,“ ujarnya.

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…