Bupati Batang, Wihaji, berdialog dengan peserta pelatihan UMKM yang digelar dengan dukungan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfamart) di Batang, Jateng, Rabu (7/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Kutnadi) Bupati Batang, Wihaji, berdialog dengan peserta pelatihan UMKM yang digelar dengan dukungan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfamart) di Batang, Jateng, Rabu (7/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Kutnadi)
Minggu, 11 Februari 2018 02:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH
Didukung Alfamart, Batang Impikan 1.000 Wirausaha Baru

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus didorong perkembangannya oleh Bupati Batang Wihaji.

Solopos.com, BATANG — Bupati Batang Wihaji berjanji menciptakan 1.000 wirausaha baru untuk masyarakat dengan menggandeng swasta dalam pelatihan tentang manajemen retail usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). “Pelatihan ini sebagai salah satu janji saya untuk menciptakan 1.000 wirausaha,” katanya saat digelar pelatihan UMKM di Batang, Jawa Tengah, Rabu (7/2/2018).

Menurut dia, pelatihan tentang manajemen bagi masyarakat tersebut akan terus digalalkan dan berkelanjutan hingga mereka mampu berwirausaha. Selain itu, imbuh dia, Pemkab Batang juga dijanjikannya akan memberikan pembinaan dan menjembatani masyarakat dalam mencari pemodalan kepada perbankan sehingga usaha para pelaku UMKM di Batang, Jateng semakin tumbuh berkembang.

“Apalagi, kepedulian swasta seperti PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. [Alfamart] terhadap kegiatan pelatihan manajemen juga baik. Pemkab mendukung aksi perusahaan swasta dalam mengakomodasi pedagang UMKM supaya lebih berkembang,” katanya.

Ia mengatakan bahwa dengan terciptanya sinergi antara pelaku usaha, pihak swasta atau toko swayalan dan pemkab terjalin secara baik maka akan memberi dampak positif bagi berbagai pihak. “Melalui hubungan yang saling menguntungkan pedagang UMKM tradisional maupun toko moderen, keduanya bisa berkembang bersama-sama dan pastinya akan berkontribusi positif pada perekonomian bangsa,” katanya.

Bupati Wihaji juga meminta kepada para pelaku UMKM di Batang memunculkan ide kreatif dan inovasi sehingga produk mereka dapat diterima masyarakat yang selalu mengikuti perkembangan zaman. “Oleh karena, para pelaku usaha harus memiliki keinginan kuat untuk berinovasi dan kreatif agar menjadikan usahanya terus berkembang,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa pemkab akan memfasilitasi terkait perizinan jika pelaku UMKM ingin bergabung bersama toko modern. “Terkait perizinan dari BPOM atau pun perizinan lainya, kami siap membantu karena pengurusannya sekarang gratis. Silakan ajukan pada kami,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
PT. Astra International Tbk-isuzu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Darmanto Jatman Bercerita Jawa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (15/01/2018). Esai ini karya Bandung Mawardi, seorang kritikus sastra. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Rumah dalam pemahaman peradaban Jawa adalah ruang hidup untuk menjadikan manusia ada dan berada. Pemahaman itu menunjukkan konstruksi…