Ilustrasi bawang putih (JIBI/Solopos.com/Dok.) Ilustrasi bawang putih (JIBI/Solopos.com/Dok.)
Minggu, 11 Februari 2018 15:11 WIB Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja Ekonomi Share :

Mahal, Pasokan Bawang Putih Kemungkinan Tersendat

Ketergantungan akan impor komoditas ini sangat tinggi

Solopos.com, JOGJA-Mahalnya harga bawang putih beberapa hari terakhir dinilai karena terbatasnya pasokan. Di pasaran komoditas impor ini masih dipatok Rp36.000 per kilogram.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Yuna Pancawati menjelaskan, harga bawang putih sudah tinggi beberapa hari ini. “Rata-rata harga di pasaran sekitar Rp36.000 itu pantauan kami tanggal 9 Februari kemarin,” ujar Yuna, Minggu (11/2/2018).

Yuna memaparkan, bawang putih adalah komoditas yang tidak ditanam di Indonesia. Sehingga, ketergantungan akan impor komoditas ini sangat tinggi. Biasanya pasokan tersebut berasal dari Jawa Tengah (distibutor). Dari sana kemungkinan distribusi tersendat. “Selain itu, kemungkinan di negara asalnya pasokan sedang terbatas, sehingga harga saat ini jadi mahal,” imbuh Yuna.

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…