News
Minggu, 11 Februari 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 11 Februari 1929, Vatikan Resmi Berdaulat

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto dokumentasi pasukan Jepang di Bukit Timah, Singapura, 11 Februari 1942. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 11 Februari dihimpun dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 11 Februari. Salah satu peristiwa yang patut dikenang adalah kala Vatikan secara resmi menjadi negara berdaulat.

Advertisement

Masih ada banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 11 Februari dan patut dikenang. Berikut Semarangpos.com menghimpun peristiwa itu dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

1177
Pasukan Inggris yang dipimpin John de Courcy mengalahkan suku Dunleavey di Ulster. Peristiwa itu menandai penguasaan Inggris di Ulster. Kini, wilayah Uslter menjadi provinsi yang masuk dalam wilayah Irlandia Utara dan sebagian wilayahnya lagi menjadi milik Republik Irlandia.

Advertisement

1177
Pasukan Inggris yang dipimpin John de Courcy mengalahkan suku Dunleavey di Ulster. Peristiwa itu menandai penguasaan Inggris di Ulster. Kini, wilayah Uslter menjadi provinsi yang masuk dalam wilayah Irlandia Utara dan sebagian wilayahnya lagi menjadi milik Republik Irlandia.

1534
Raja Henry Inggris VIII dinobatkan sebagai pemimpin Gereja Inggris setelah gereja tersebut memisahkan diri dari Gereja Katolik Roma. Pemisahan itu didasari sejumlah perbedaan pendapat antara Henry dan pemimpin Gereja Katolik Roma yang disebut paus.

Vatikan, negara terkecil di dunia, sejak 11 Februari 1929. (foodtravelogue.com)

Advertisement

1932
Pasukan Jepang mengebom markas Marinir Amerika Serikat (AS) di dekat Kanada. Peristiwa itu menewaskan 17 marinir AS dan dua warga sipil. Sesaat setelah peristiwa itu terjadi, Jepang melontarkan permintaan maaf dan menyatakan serangan itu telah salah sasaran. Jepang menyatakan pengeboman tersebut sebenarnya ditargetkan ke pasukan Tiongkok yang berada di Jalur Markham, Kanada.

1942
Pertempuran antara pasukan Jepang dan pasukan Inggris meletus di Bukit Batok, Bukit Panjang, dan Bukit Timah, Singapura. Jepang berhasil memenangi pertempuran tersebut dan menguasai Bukit Batok, Bukit Panjang, dan Bukit Timah, setelah bertempur selama dua hari.

Dwight D. Eisenhower. (History.com)

Advertisement

1943
Jenderal Angkatan Darat Amerika (AS) Dwight D. Eisenhower terpilih sebagai komandan pasukan Sekutu di Eropa. Eisenhower adalah jenderal yang kemudian terpilih sebagai presiden ke-34 AS pada 1953.

1945
Konferensi Yalta yang diikuti Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, dan pemimpin Uni Soviet Josef Stalin di Yalta, Uni Soviet berakhir. Dalam konferensi itu, ketiga pemimpin tersebut menandatangani Perjanjian Yalta untuk mengendalikan wilayah Eropa setelah Sekutu mengalahkan Jerman dalam Perang Dunia II. Dalam perjanjian itu juga terdapat pembagian wilayah Eropa yang sempat dikuasai Jerman.

1971
Sebanyak 87 negara, termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Uni Soviet, menandatangani Perjanjian Persenjataan Dasar Laut. Perjanjian tersebut melarang penggunaan senjata nuklir di perairan internasional.

Advertisement

Steven Mc Manaman. (Liverpoolecho.co.uk)

1972
Steven Mc Manaman lahir di Kirkdale, Lancashire, Inggris. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Liverpool, 1990-1999. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah itu telah menciptakan 46 gol dari 272 penampilannya di Liga Inggris bersama Liverpool. Sebelum pensiun pada 2005, Mc Manaman sempat membela Real Madrid dan Manchester City.

2008
Para pemberontak Timur Leste yang sebagian merupakan anggota militer mendatangi rumah Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta demi membunuh sang presiden. Jose sempat tertembak oleh para pemberontak. Beruntung, ia tak tewas dalam penembakan tersebut. Pemimpin pemberontak yang juga anggota militer Timor Leste kala itu, Alfredo Reinado, justru tewas tertembak dalam peristiwa tersebut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 9 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Februari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif