Persija (Persija.co.id)
Sabtu, 10 Februari 2018 07:25 WIB Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos Indonesia Share :

PIALA PRESIDEN 2018
Semifinal PSMS Vs Persija: Adu Permainan Efektif!

Piala Presiden 2018 akan menyajikan PSMS Medan vs Persija Jakarta.

Solopos.com, SOLO — Saat Persija Jakarta berjuang memperebutkan posisi empat besar di Liga 1 musim lalu, PSMS Medan masih bertarung di babak delapan besar Liga 2. Siapa sangka, kedua tim akhirnya bakal terlibat duel di leg pertama babak semifinal Piala Presiden 2018 di Stadion Manahan Solo pada Sabtu (10/2/2018) malam WIB.

Meski bertindak sebagai tim tamu, Macan Kemayoran, julukan Persija, lebih diunggulkan untuk memenangi pertandingan. Reputasi sebagai tim besar dan pengalaman menghadapi sengitnya kompetisi Liga 1 musim lalu menjadi modal berharga yang tidak dimiliki tim Ayam Kinantan, julukan PSMS Medan.

Dari segi dukungan suporter, Persija Jakarta juga lebih diunggulkan. Persija diprediksi mendapat dukungan lebih dari 20.000 The Jakmania. Sementara PSMS Medan kemungkinan hanya didukung sekitar 300 suporter.

Laga antara Persija dan melawan PSMS akan menjadi ajang perang taktik bagi kedua pelatih. Saat berlaga di babak delapan besar, kedua tim sama-sama mampu memainkan sepak bola efektif. Menghadapi Persebaya Surabaya, anak asuh Djadjang Nurjaman sebetulnya lebih banyak tertekan sepanjang pertandingan. Persebaya mampu menguasai jalannya pertandingan dan selalu menggempur pertahanan PSMS Medan.

Namun, Legimin Raharjo dkk. mampu bermain efektif. PSMS bahkan sempat memimpin 3-1 atas Persebaya sebelum akhirnya bisa disamakan 3-3 sehingga pertandingan harus diselesaikan melalui drama adu penalti. Permainan efektif juga ditunjukkan Macan Kemayoran saat menghadapi Mitra Kukar di babak delapan besar. Meski kalah dalam penguasaan bola, Persija Jakarta mampu menang meyakinkan dengan skor 3-1.

“Ini pertandingan yang berat. Persija punya reputasi sebagai tim besar. Persija punya materi pemain yang bagus. Di sana ada striker berbahaya seperti Marko Simic. Dia punya shooting kaki kanan dan kiri yang sama-sama bagus. Posturnya besar. Kami tentu akan memberi perhatian khusus pada dia. Simic adalah salah satu pemain yang kita waspadai,” ujar Djadjang Nurjaman dalam jumpa pers di Balai Persis, Jumat (9/2/2018).

Kapten PSMS Medan, Legimin Raharjo, mengakui timnya kurang diunggulkan dalam pertandingan ini. Namun, kata dia, semua pemain PSMS Medan siap memberi perlawanan kuat kepada Persija. “Seperti biasa, kami akan bekerja keras untuk memenangi pertandingan meski kami tidak diunggulkan,” ucap Legimin.

Sementara itu, Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco, emoh menganggap enteng PSMS Medan. Pelatih berkebangsaan Brasil itu menyebut PSMS Medan punya pemain dengan kualitas bagus sehingga bisa melaju ke babak semifinal Piala Presiden 2018. “Kita respect kepada PSMS Medan. Tapi, target kita harus menang supaya bisa melaju ke final,” ujar Teco.

Kapten Persija Jakarta, Ismed Sofyan, menyebut dua tim punya kans yang sama untuk memenangi pertandingan. Menurutnya, kedua tim sama-sama bermain di tempat netral. Yang membedakan, kata Sofyan, adalah dukungan suporter kedua tim. “Saya rasa hanya tim yang siap dan fokus yang akan memenangi pertandingan,” ujar pemain veteran yang pernah membela Persijatim Solo FC ini.

Kolom

GAGASAN
Guru Honorer

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (7/2/2018). Esai ini karya Roko Patria Jati, dosen di Institut Agama Islam Negeri Salatiga. E-mail penulis adalah bee.ascholar@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tragedi yang mencoreng dunia pendidikan Indonesia muncul lagi bak serial drama televisi yang terus…