Ilustrasi kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan (Twitter) Ilustrasi kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan (Twitter)
Sabtu, 10 Februari 2018 05:40 WIB Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Klaim BPJS Ketenagakerjaan Tembus Rp242 Miliar

Klaim terbesar berasal dari Jaminan Hari Tua (JHT).

Solopos.com, JOGJA–Penyaluran klaim BPJS Ketenagakerjaan di DIY diketahui mencapai lebih dari Rp242 miliar pada 2017 kemarin. Beberapa penerima manfaat juga berasal dari kalangan pekerja migran.

Lebih dari 20.000 kasus kecelakaan kerja, pensiun, maupun permasalahan ketenagakerjaan lain diketaui terjadi sepanjang 2017 dan sudah terkover dalam layanan BPJS Ketenagakerjaan. “Sejak Januari sampai Desember, kami sudah melakukan pembayaran klaim hingga Rp242 miliar lebih,” kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jogja, Ainul Kholid saat dikonfirmasi pada Jumat (9/2/2018).

Ainul memaparkan, klaim terbanyak berasal dari Jaminan Hari Tua (JHT) oleh mereka yang berhenti bekerja karena berbagai alasan tertentu, yakni sekitar Rp228 miliar. Kontribusi terbesar selanjutnya adalah pembayaran klaim untuk Jaminan Kematian (JKM) sebesar Rp7,1 miliar dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebanyak Rp6,8 miliar.

Selain itu, terdapat pula pencairan klaim program Jaminan Pensiun dengan nilai sekitar Rp767 juta. “Dari 449 kasus, ada sekitar 30 orang yang sudah menerima pensiun secara berkala,” ujar Ainul.

Ainul menambahkan, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan perlindungan kepada pekerja migran, termasuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Pada kisaran Agustus 2017, pihaknya menyalurkan santunan ahli waris kepala anggota keluarga dari TKI yang meninggal saat bekerja di luar negeri. “Ada dua orang yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan Jogja. Santunan ahli warisnya masing-masing sebesar Rp85 juta,” ungkap dia.

Aiunul lalu kembali mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta dan penerima manfaat BPJS Ketenagakerjaan.  Hal itu misalnya berupa kemudahan dalam mekanisme pencairan klaim sesuai ketentuan berlaku. Petugas tidak akan mempersulit jika semua persyaratannya sudah lengkap.

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…