Ilustrasi pengepungan Bagdad yang dilakukan pasukan Mongol, 1258. (Wikimedia.org) Ilustrasi pengepungan Bagdad yang dilakukan pasukan Mongol, 1258. (Wikimedia.org)
Sabtu, 10 Februari 2018 00:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI
10 Februari 1258, Jatuhnya Kekuasaan Abbasiyah di Bagdad

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia dari tahun ke tahun pada 10 Februari disajikan dalam tulisan ini.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di seluruh penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 10 Februari. Jatuhnya kekuasaan Kekhalifahan Abbasiyah di Bagdad pada 1258 menjadi salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 10 Februari.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 10 Februari.

1258
Pasukan Mongol berhasil menduduki sekaligus membumihanguskan Bagdad, yang saat itu dikuasai Kekhalifahan Abbasyiah, setelah mengepungnya selama 12 hari. Sebanyak 10.000 orang tewas dalam peristiwa yang sekaligus mengakhiri kekuasaan Kekhalifahan Abbasiyah di Bagdad itu.

1814
Pasukan Prancis berhasil mengalahkan pasukan Rusia di Champaubert, Prancis. DI salah satu pertempuran pada masa Perang Koalisi Keenam itu, Rusia harus kehilangan 2.400 sampai 3.000 tentaranya, sedangkan Prancis hanya kehilangan 200 sampai 600 tentaranya, Selain itu, pemimpin pasukan Rusia dalam pertempuran tersebut, Zakhar Olsufiev, ditangkap pihak Prancis.

1862
Pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menghancurkan sekelompok kapal kecil dari pasukan Konfederasi Amerika dalam Pertempuran Elizabeth City di Sungai Pasquotank, Carolina Utara. Dalam salah satu pertempuran di masa Perang Saudara AS itu, Konfederasi Amerika harus rela kehilangan empat kapal kecil yang ditenggelamkan, satu kapal yang ditawan, lima tentara yang tewas, dan 34 tentara yang ditahan.

1936
Pertempuran antara pasukan Italia dan pasukan Etiopia meletus di Calamino, Antolo, dan Amba Aradam di Etiopia. Pertempuran itu berlangsung selama 10 hari dan berkahir dengan kemenangan Italia.

1940
Pasukan Uni Soviet mulai mendeportasi warga Polandia Timur ke wilayah Siberia. Hal itu dilakukan setelah Uni Soviet berhasil menduduki wilayah Polandia Timur.

1943
Pertempuran yang melibatkan pasukan Jerman dan pasukan Spanyol yang melawan Uni Soviet meletus di Krasny Bor, dekat wilayah yang kini disebut Saint Petersburg, Rusia. Salah satu pertempuran di masa Perang Dunia II itu berlangsung selama empat hari. Pasukan Jerman dan Spanyol menjadi pemenang dalam pertempuran yang disebut Pertempuran Krasny Bor itu.

1952
Partai Kongres India yang dipimpin oleh Pandit Jawaharlal Nehru berhasil memenangi pemilihan umum pertama di India. Kala itu, selain memimpin Partai Kongres India, Pandit Jawaharlal Nehru juga merupakan perdana menteri India.

Francais Gary Powers, mata-mata AS yang pernah ditangkap Uni Soviet pada 1962. (Wikimedia.org)

Francais Gary Powers, mata-mata AS yang pernah ditangkap Uni Soviet pada 1962. (Wikimedia.org)

1962
Pesawat mata-mata milik Amerika Serikat (AS) ditembak jatuh kala melintasi langit Uni Soviet. Pilot pesawat tersebut, Francais Gary Powers, berhasil selamat meskipun akhirnya ditahan pihak Uni Soviet. Setelah dilakukan perundingan, Uni Soviet bersedia melepaskan Gary setelah pihak AS juga bersedia melepas mata-mata Uni Soviet yang ditahan.

Radamel Falcao Garcia Zarate. (Fifa.com)

Radamel Falcao Garcia Zarate. (Fifa.com)

1986
Radamel Falcao Garcia Zarate lahir di Santa Marta, Kolombia. Kini, namanya dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub besar di Liga Prancis, AS Monaco. Sebelum membela AS Monaco, Falcao sempat membela Atletico Madrid dari 2011 hingga 2013. Pemain yang berposisi sebagai striker itu juga pernah dipinjamkan ke dua klub besar di Inggris, yakni Manchester United pada 2014 hingga 2015 dab Chelsea pada 2016.

2005
Korea Utara (Korut) mengumumkan penundaan keikutsertaannya dalam perundingan multinasional untuk membahas program persenjataan. Saat itu juga, Korut secara resmi mengaku sedang mengembangkan senjata nuklir. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 9 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Februari

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…