Bandara Adi Soemarmo solo (Burhan AN/JIBI/Solopos) Bandara Adi Soemarmo solo (Burhan AN/JIBI/Solopos)
Jumat, 9 Februari 2018 11:35 WIB Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/SOLOPOS Ekonomi Share :

Tingkatkan Pelayanan Bandara Adi Soemarmo, Angkasa Pura I Sebar Kuisioner

PT Angkasa Pura I sebar kuisioner untuk tingkatkan pelayanan.

Solopos.com, SOLO—PT Angkasa Pura (AP) I menjaring masukan masyarakat untuk meningkatkan pelayanan Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali dengan menyebar kuisioner.

Kuisioner disebar melalui Harian Umum Solopos. Tidak hanya menjaring masukan dan saran, PT AP I juga menjanjikan undian berhadiah bagi masyarakat yang berpartisipasi dalam kuisioner tersebut. Hadiah berupa uang tunai dengan nilai jutaan rupiah dan merchandise bagi 50 pengirim pertama. (baca: Angkasa Pura Gelontorkan Miliaran Dana untuk UMKM)

Dalam kuisioner tersebut, masyarakat harus menjawab sejumlah pertanyaan. Ada beberapa poin pertanyaan yang berkaitan dengan fasilitas dan layanan yang diinginkan pengguna jasa di Bandara Adi Soemarmo Solo.

Misalnya, jam penerbangan tambahan yang dibutuhkan calon penumpang, fasilitas apa yang perlu ditambahkan di bandara, moda transportasi yang paling banyak diperlukan calon penumpang dari dan ke bandara, serta informasi apa saja yang semestinya bisa diakses calon penumpang.

Terkait fasilitas, calon penumpang diberi beberapa pilihan yang mengerucut pada fasilitas toko makanan dan minuman, toko perbelanjaan, serta fasilitas keuangan mulai dari bank dan ATM dan jasa penukaran uang.

Calon penumpang juga diberi pilihan jika menginginkan adanya fasilitas salon dan spa, jasa pengepakan, pijat dan refleksi, penitipan barang, pemesanan hotel, dan sebagainya.

Terkait informasi yang dibutuhkan calon penumpang di bandara, PT Angkasa Pura memberikan pilihan mulai dari informasi jam penerbangan, informasi acara dan promosi, informasi pariwisata, peta bandara, serta informasi mengenai hiburan. Terakhir, calon penumpang juga ditanya mengenai pengalaman terbaik maupun terburuk saat melakukan perjalanan melalui Bandara Adi Soemarmo Solo.

Pejabat Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Danar Dewi, menyampaikan manajemen bandara berusaha memahami keinginan dan kebutuhan pengguna jasa bandara sehingga survei dilakukan dengan menyebar kuisioner.

“Kami berharap dari kuisioner ini kami bisa meningkatkan pelayanan agar Bandara Adi Soemarmo Solo menjadi bandara kebanggaan,” kata Danar, kepada Solopos.com, Kamis (8/2).

Sebagai bentuk apresiasi PT Angkasa Pura kepada pengguna jasa yang telah mengisi kuisioner, kiriman kuisioner akan diundi. Pengirim kuisioner yang beruntung akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp2,5 juta, Rp1,5 juta, dan Rp1 juta serta 50 merchandise bagi 50 pengirim pertama.

“Kuisioner kami terima paling lambat 20 Februari. Kemudian pemenang undian diumumkan 23 Februari dan hadiah akan diserahkan 25 Februari,” kata Danar.

Kuisioner tayang di Harian Umum Solopos edisi Jumat (9/2/2018).

Danar menambahkan survei kebutuhan pelanggan ini juga digelar dalam rangka HUT ke-54 PT AP I. Manajemen berharap diusia AP I yang sudah lebih dari setengah abad, bandara yang berlokasi di Ngemplak Boyolali ini bisa terus berinovasi dalam memperbaiki pelayanan kepada pengguna.

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…