Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono dan Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen Wuryanto menari bersama seusai simulasi pengamanan pilkada di Lapangan Parade Makodam IV/ Diponegoro, Semarang, Jumat (9/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/I.C.Senjaya) Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono dan Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen Wuryanto menari bersama seusai simulasi pengamanan pilkada di Lapangan Parade Makodam IV/ Diponegoro, Semarang, Jumat (9/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/I.C.Senjaya)
Jumat, 9 Februari 2018 14:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

PILKADA 2018
Kapolda Akui Belum Ada Kampanye Hitam di Jateng

Pilkada serentak 2018 diakui Kapolda Jateng Condro Kirono belum diwarnai kampanye hitam.

Solopos.com, SEMARANG — Jajaran Polri dan TNI di Jawa Tengah, Jumat (9/2/2018), menggelar simulasi pengamanan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018. Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono dalam kesempatan itu mengungkapkan meskipun sudah bermunculannya kampanye negatif pada tahapan awal pemilu lokal ini, namun itu semua tak tergolong kampanye hitam.

Simulasi pengamanan pilkada yang dilaksanakan secara gabungan oleh jajaran TNI dan Polri itu digelar di Lapangan Parade, Makodam IV/ Diponegoro, kawasan Watu Gong, Kota Semarang. Dalam simulasi itu digambarkan pengamanan pada seluruh tahapan pilkada serentak 2018, mulai dari pendaftaran hingga penghitungan suara.

Kapolda Condro Kirono berharap dengan simulasi tersebut TNI dan Polri siap menjaga agar pilkada serentak 2018 berjalan aman dan kondusif. Diakuinya, saat ini, sudah mulai bermunculan kampanye negatif di antara pelaku pemilu lokal itu.Namun, tegasnya, hal itu tidak termasuk black campaign atau kampanye hitam.

“Kampanye negatif sudah ada, kampanye yang melihat kekurangan pasangan calon lain,” katanya tanpa menjelaskan secara mendetail temuan kampanye negatif tersebut.

Meski demikian, imbuhnya, belum ditemukan unsur pelanggaran atas konten-konten negatif tersebut. Walaupun tak tergolong black campaign atau kampanye hitam, polisi diakuinya sudah bertindak dengan cara memberikan imbauan kepada pihak yang menyampaikan kampanye negatif tersebut.

Ditegaskannya pula, saat ini Satuan Tugas Kampanye Hitam dan Politik Uang telah mulai bekerja. Meski demikian, hingga saat ini belum ditemukan kampanye yang dikategorikan sebagai black campaign alias kampanye hitam.

Pilkada serentak 2018 di Jateng digelar di tujuh daerah yang meliputi Kota Tegal, Kabupaten Tegal,Kabupaten Kudus, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Karanganyar. Sedangkan di tingkat provinsi digelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…