Ilustrasi evakuasi korban banjir. (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf) Ilustrasi evakuasi korban banjir. (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)
Jumat, 9 Februari 2018 01:00 WIB Bony Eko Wicaksono/JIBI/SOLOPOS Sukoharjo Share :

MDMC Sukoharjo Gelar Pelatihan Dasar Water Rescue

MDMC Sukoharjo gelar pelatihan dasar water rescue.

Solopos.com, SUKOHARJO–Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Sukoharjo bakal melaksanakan pendidikan dan pelatihan dasar water rescue di Waduk Mulur, Bendosari pada Jumat-Minggu (9/2-11/2/2018). Kegiatan itu bakal diikuti sekitar 80 anggota MDMC Sukoharjo.

Ketua MDMC Sukoharjo, Bambang Sahana, mengatakan materi pendidikan dan pelatihan dasar ihwal kesiapsiagaan bencana di air mulai dari pertolongan pertama hingga membangun tenda darurat. Para peserta juga bakal melakukan simulasi pencarian dan pertolongan warga yang tenggelam di sungai. (baca: NU dan Muhammadiyah Diminta Dinginkan Pilkada 2018)

“Kegiatan ini bertujuan melatih kecepatan, kesigapan, dan kondisi fisik para peserta. Mereka harus sigap dan cekatan saat terjadi bencana alam,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (7/2/2018).

Para peserta juga mendapat materi tentang medis yang berguna saat diterjunkan di lapangan. Selama ini, anggota MDMC Sukoharjo kerap dilibatkan saat terjadi bencana alam atau kecelakaan air.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Urgensi Mendesain Ulang Prolegnas

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (14/2/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universita Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com.  Solopos.com, SOLO–Sidang paripurna DPR di ujung 2017 lalu dibuka dengan laporan 50 rancangan undang-undang (RUU)…