Mario Mandzukic (JIBI/REUTERS/Giorgio Perottino)
Jumat, 9 Februari 2018 06:25 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Italia Share :

Mandzukic Mulai Enjoy di Posisi Baru

Mario Mandzukic memiliki peran baru di Juventus.

Solopos.com, TURIN – Sejak membela Wolfsburg musim 2010/2011, Mario Mandzukic sudah dikenal sebagai goal getter kelas wahid. Tak hanya kaki kanannya yang mematikan, sundulan pemain bertinggi 190 sentimeter itu kerap bikin kalang kabut kiper lawan. Penempatan posisi juga menjadi kelebihan natural born finisher seperti Mandzukic.

Namun dua musim terakhir, striker yang kini membela Juventus itu jarang tampil sebagai penyerang tengah. Posisi idealnya diserobot Gonzalo Higuain yang didatangkan dari Napoli senilai 90 juta euro musim lalu. Pemain Timnas Kroasia ini pun harus mengalah dan menempati posisi yang masih asing baginya, winger kiri.

Musim ini Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, semakin mematenkan posisi itu untuk striker 31 tahun tersebut. Lantas, apa reaksi Mandzukic? Alih-alih ngambek, sang pemain justru memuji taktik Allegri. “Saya suka peran ini karena saya sebenarnya masih bisa mendapatkan posisi mencetak gol,” ujar Mandzukic seperti dilansir Football Italia, Kamis (8/2/2018).

Sejumlah pihak sempat mempertanyakan keputusan Allegri yang menempatkan Mandzukic sebagai penyerang kiri dalam formasi 4-2-3-1. Ini karena kelemahan mencolok striker berjuluk Super Mario itu dalam hal crossing. Namun Mandzukic nyatanya mampu membuktikan diri tak hanya piawai menjebol gawang lawan.

Musim ini dia telah menyumbang tiga assist saat mengisi pos winger kiri. Dia juga masih relatif tajam dengan mencetak empat gol dari 19 pertandingan dengan peran barunya itu. “Saya bukan orang yang banyak bicara, tapi saya akan mengucapkan Allegri adalah salah satu pelatih terbaik Eropa. Saya senang bisa bekerja dengannya,” tutur eks pemain Bayern Munich itu.

Kontribusi Mandzukic jelas kembali ditunggu saat Juve melawat ke kandang Fiorentina, Sabtu (10/2/2018) dini hari WIB. Dia mengaku tak mengalami masalah dengan kakinya dan siap tampil akhir pekan ini. Saat Juve menggasak Sassuolo 7-0 pekan lalu, Super Mario sebenarnya menderita problem engkel.

Namun dia tak bisa keluar karena Allegri telah membuat tiga pergantian pemain. “Tidak ada sesuatu yang serius. [Cedera engkel] tidak terlalu menggangguku. Semuanya baik-baik saja sekarang,” ucap dia.

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…