Poster konser David Foster and Friends/detjolomadoe.com Poster konser David Foster and Friends/detjolomadoe.com
Jumat, 9 Februari 2018 12:15 WIB HIjriyah Al Wakhidah/JIBI/SOLOPOS Ekonomi Share :

HOTEL DI SOLO
Hotel di Soloraya Optimistis Panen Saat Konser David Foster di Eks PG Colomadu

Hotel di Soloraya optimistis okupansi naik saat konser David Foster.

Solopos.com, SOLO—Sejumlah industri perhotelan di Soloraya antusias menyambut konser musik komposer dunia David Foster di eks Pabrik Gula (PG) Colomadu, Karanganyar, 24 Maret 2018 mendatang.

Mereka optimistis hotel-hotel di Solo dan sekitarnya bakal penuh mengingat konser ini tidak hanya menarik pecinta musik Solo, tapi juga Tanah Air.

Di beberapa hotel, tamu luar kota bahkan mulai booking kamar. Namun, angkanya belum terlalu tinggi. Di The Alana Hotel and Conventions Center misalnya, tamu yang booking kamar khusus untuk transit menginap sebelum atau setelah konser belum lebih dari 10 pemesan. (baca: WISATA KARANGANYAR: Tiket “Berkursi” Konser David Foster di Eks PG Colomadu Habis Terjual)

“Memang belum begitu banyak. Sudah ada yang pesan dari Semarang dan Jogja, tapi jumlahnya belum sampai 10 pemesan. Biasanya kalau orang mau menonton konser itu datang atau pesannya di last minute, sehari sebelum konser misalnya, apalagi untuk saat ini hotel berbintang di sekitar PG Colomadu juga cukup banyak,” kata General Manager The Alana Hotel and Conventions Center, Sistho A Sreshtho, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (8/2/2018).

Menurutnya, pada Maret The Alana Hotel and Coventions Center sudah memenuhi tingkat keterisian hotel hingga 75%. Namun demikian, dominasinya adalah event meeting dari pasar grup.

“Kami masih punya slot 25% harapannya bisa dimaksimalkan dengan adanya perhelatan akbar konser itu. Terlebih tidak hanya David Foster yang akan manggung, tapi ada juga Anggun C.Sasmi,” imbuhnya.

Sistho yang juga Pejabat Humas Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo mengatakan hotel sangat mengapresiasi event yang digelar bertaraf Internasional karena akan menarik tamu luar kota datang ke Solo.

“Ini juga bagian dari branding untuk Solo yang didukung oleh potensi milik daerah sekitar. Seperti diketahui PG Colomadu ini kan potensi baru yang sebenarnya lokasinya ada di Karanganyar, tapi Kota Solo sendiri pasti akan mendapatkan dampak positif dari event ini, branding Solo pasti ikut naik,” papar Sistho.

General Manager Solo Paragon Hotel and Residences, Gerri Primacitra, mengatakan event konser David Foster akan memberikan dampak luar biasa bagi bisnis perhotelan Solo dan sekitarnya termasuk menaikkan branding Kota Solo.

“Itu adalah event Internasional. Informasinya, panitia menyediakan kursi untuk 3.000 penonton. Jika 1.500 penonton itu dari luar kota, akan ada banyak hotel di Solo yang bakal fully booked pada hari penyelenggaraan konser. Selain itu, tamu-tamu BUMN juga pasti akan berdatangan ke Solo,” ujar Gerri.

Seperti diketahui, konser David Foster bakal jadi pergelaran perdana di eks PG Colomadu yang kini bernama De Tjolomadoe setelah direvitalisasi. Revitalisasi bangunan kuno yang digadang-gadang menjadi pusat kebudayaan, convention center, dan area publik itu digarap PT Sinergi Colomadu yag merupakan konsorsium sejumlah BUMN.

Public Relations Lorin Solo Hotel, Dhani Wulandari, menyampaikan hingga saat ini dampak dari konser David Foster belum terlihat. Namun, dia optimistis okupansi hotel bulan Maret bakal terdongkrak dari event itu. Terlebih karakter tamu untuk event seperti konser adalah datang atau pesan saat mendekati acara.

“Itu event besar kami optimistis fully booked karena Lorin Hotel paling dekat dengan lokasi konser,” ujar Dhani.

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…