News
Jumat, 9 Februari 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 9 Februari 1951, Komunis Dibantai di Korsel

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Karakter utama The Simpsons. (Businessinsider.com)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 9 Februari.

Semarangpos.com. SOLO — Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 9 Februari. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 9 Februari adalah pembantaian warga yang dianggap komunis di wilayah Korea Selatan (Korsel) pada 1951.

Advertisement

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 6 Februari.

474
Tarasicodissa atau Trascalissaeus dinobatkan sebagai kaisar di Romawi Timur dengan julukan Flavius Zeno. Di masa kepemimpinannya, pemerintah Romawi Timur harus menghadapi sejumlah pemberontakan dan konflik agama. Ia memimpin Romawi Timur hingga akhir hayatnya pada 9 April 491.

Advertisement

474
Tarasicodissa atau Trascalissaeus dinobatkan sebagai kaisar di Romawi Timur dengan julukan Flavius Zeno. Di masa kepemimpinannya, pemerintah Romawi Timur harus menghadapi sejumlah pemberontakan dan konflik agama. Ia memimpin Romawi Timur hingga akhir hayatnya pada 9 April 491.

1885
Orang-orang Jepang untuk kali pertama tiba di Hawaii dengan tujuan mencari penghidupan yang lebih baik. Mereka sebagian besar berasal dari daerah Hiroshima, Yamaguchi, dan Kumamoto. Kini, Hawaii merupakan wilayah yang dikuasai Amerika Serikat (AS).

1900
International Tennis Federation (ITF) untuk kali pertama menggelar kejuaraan tenis Piala Davis. Kejuaraan tersebut kali pertama digelar di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Kejuaraan yang digagas Dwight F. Davis bersama sejumlah mahasiswa Universitas Harvard itu merupakan kejuaraan dunia yang mempertemukan tim-tim dari berbabagai negara.

Advertisement

Jasad korban pembantaian di Gyeongsang Selatan, Korsel, 1951. (Wikimedia.org)

1951
Pasukan Korea Selatan (Korsel) mulai membantai warga sipil simpatisan komunis di Gyeongsang Selatan, Korsel. Pembantaian itu berlangsung selama tiga hari dan menewaskan 719 orang. Peristiwa itu terjadi di masa Perang Korea.

1971
Gempa bumi berkuatan 6.5 skala Richter mengguncang wilayah Los Angeles dan San Fransisco, Amerika Serkat (AS). Gempa bumi itu menewaskan 65 orang dan melukai sekitar 2.000 lainnya. Kerugian yang ditimbulkan bencana tersebut diperkiarakan mencapai US$500 juta.

Advertisement

James Owen Sullivan alias The Rev. (Loudwire.com)

1981
James Owen Sullivan lahir di Huntington Beach, California, Amerika Serikat. Namanya kemudian dikenal luas sebagai drummer di salah satu band rok ternama asal AS, Avenged Sevenfold. Pria yang memiliki nama panggung The Rev itu tewas di usia 28 tahun akibat over dosis obat-obatan pada 28 Desember 2009. Bersama Avenged Sevenfold sejak 1999, The Rev sudah menorehkan enam album studio.

1996
Irish Republic Army (IRA) Tentara Republik Irlandia menyatakan gencatan senjata selama 18 bulan yang disepakati bersama Inggris sudah berkahir. Setelah pernyataan itu dilontarkan, sebuah ledakan terjadi di Canary Wharf, London, Inggris yang diyakini dilakukan IRA.

Advertisement

1997
The Simpsons berhasil memecahkan rekor sebagai serial animasi prime-time dengan masa pemutaran terlama, yakni 10 tahun. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang serial animasi The Flintstones dengan masa pemutaran enam tahun.

2011
Serangan bom melanda kampus Universitas Islam di Jalalabad, Afganistan. Otoritas setempat menyatakan serangan tersebut dilancarkan kelompok Taliban. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 6 Februari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif