Foto Pil Koplo JIBI/Harian Jogja/Reuters
Kamis, 8 Februari 2018 21:30 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Konsumsi Pil Koplo, Warga Tegalrejo Dicokok Polisi

Polisi temukan psikotropika golongan IV.

Solopos.com, JOGJA–Ari Hertanto, alias Babes, 34, warga Karangwaru, Tegalrejo, Kota Jogja ditangkap Satresnarkoba Polresta Jogja atas penyalahgunaan psikotropika golongan IV. Obat-obatan itu dikonsumi pelaku dengan dalih untuk menambah energi dan obat tidur.

Pelaku ditangkap dengan barang bukti berupa dua butir pil Alprazolam 1 mg yang sedang dikantonginya. Kasatresnarkoba Polresta Jogja, Kompol Sugeng Riyadi mengatakan pelaku ditangkap di wilayah Blunyahrejo dengan dua butir pil koplo itu. Ia kemudian diinterogasi dan diketahui masih memiliki simpanan psikotropika di rumahnya hingga puluhan butir.

“Saat digeledah didapati dua butir, kemudian ternyata masih ada lagi di rumahnya,” katanya ketika dikonfirmasi, Kamis (8/2/2018). Saat petugas menggeledah rumah pelaku ditemukan dua papan pil psikotorpika itu. Keseluruhan, ada 22 butir barang bukti yang didapatkan dari pelaku.

Kompol Sugeng menjelaskan jika pelaku kemudian dibawa ke Mapolresta Jogja untuk diperiksa lebih lanjut. Ia terpaksa mendekam di sel tahanan dan akan dijerat dengan Pasal 62 UU No. 5/1997 tentang Psikotorpika. Akibatnya, pria ini mendapatkan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara atas perbuatannya.

Belakangan diketahui jika ia selama ini mendapatkan pil tersebut dari teman sekampungnya berinisial D. Keduanya sudah berteman sejak lama dan kemudian melakukan transaksi psikotropika. Babes membeli pil ini dari D seharga Rp250.000 per papan yang berisi 10 butir pil.

Ia sudah mengonsumsi zat adiktif ini lebih dari setahun belakangan sebagai doping energi tubuhnya. Selama ini, Ari mengaku sulit tidur jika tidak menelan pil itu. Penangkapan ini merupakan hasil informasi dari masyarakat. Polisi terus mengembangkan kasus ini guna menjerat pemasok pil tersebut.

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…