Goncalo Guedes (JIBI/REUTERS/Vincent West)
Kamis, 8 Februari 2018 01:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Spanyol Share :

COPA DEL REY
Belum Pulih, Pilar Valencia Ini Ingin Main Lawan Barca

Copa del Rey akan menyajikan duel Valencia vs Barcelona.

Solopos.com, VALENCIA — Penampilan Valencia yang sempat melejit pada awal musim, terus menurun belakangan ini. Salah satu alasannya karena mereka kehilangan Goncalo Guedes dan Jeisson Murillo lantaran cedera.

Guedes dan Murillo juga tidak bisa turun saat Valencia dipencundangi Barcelona 0-1 pada leg pertama semifinal Copa del Rey, Jumat (2/2/2018) dini hari WIB lalu. Pelatih Valencia, Marcelino, berharap kedua pemain itu bisa memperkuat timnya kembali pada leg kedua di Mestalla, Jumat (9/2/2018) pukul 03.30 WIB.

Guedes pun enggan melewatkan duel krusial Valencia tersebut. Meski masih belum dipastikan pulih total dari cedera kunci paha, winger asal Portugal tersebut memaksakan diri berlatih dengan rekan-rekan setimnya. Guedes bisa mendongkrak serangan Valencia yang mandul dalam beberapa laga terakhir. Sejauh ini, eks pemain Benfica menyokong lima gol dan enam assist di semua kompetisi musim ini.

Guedes akan bertarung dengan mantan rekan setimnya di Benfica, Nelson Semedo, yang kini membela Barcelona. Guedes dan Semedo sangat akrab ketika mereka sama-sama masih membela Benfica. Namun, keduanya harus melupakan sementara persahabatan itu untuk perebutan tiket final Copa del Rey.

“Saya menghabiskan dua hingga tiga tahun dengan Nelson, dan kami selalu bermain di sayap yang sama. Kami melakukannya dengan baik,” jelas Guedes seperti dari dikutip Valenciacf.com, Rabu (7/2/2018).

Ini sebenarnya bukan pertama bagi kedua pemain bertarung dengan kostum Valencia dan Barcelona. Pada November 2017 lalu, Guedes dan Semedo membela tim masing-masing dalam laga yang berakhir dengan 1-1 pada Liga Primera.

“[Saat itu] kami bertukar jersey. Kami bicara mengenai banyak hal, saya menanyakan kabar anak perempuannya, istrinya, dan keluarganya. Mereka teman yang ramah yang selalu ada dalam hidup Anda,” jelas Guedes.

Namun untuk menempati starter Barca, Semedo harus bersaing dengan Sergi Roberto. Barca sedang waswas menantikan kebugaran bek sentral mereka, Gerard Pique.  Pique menderita cedera lutut dan diragukan turun di Mestalla.

Padahal, bek sentral Barca lainnya, Thomas Vermaelen, juga masih masuk ruang perawatan. Kondisi itu membuka kesempatan bek baru Barca, Yerry Mina, melakoni debut dan dipasangkan dengan Samuel Umtiti di jantung pertahanan Blaugrana, julukan Barcelona.

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…