News
Kamis, 8 Februari 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 8 Februari 1942, Jepang Bumi Hanguskan Banjarmasin

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi Kuta Reh di Aceh Tenggara setelah diserang Korps Marechaussee te Voet Belanda selama Ekspedisi Tanah Gayo, Alas, dan Batak tahun 1904. (sopopanisioan.blogspot.co.id-Tropenmuseum)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 8 Februari dihimpun dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 8 Februari. Salah satu peristiwa yang patut dikenang adalah kala pasukan Jepang tiba di Banjarmasin dan membumihanguskannya.

Advertisement

Selain itu, masih ada beberapa peristiwa lain pada 8 Februari yang patut dikenang. Berikut Semarangpos.com menghimpun peristiwa itu dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

1587
Ratu Skotlandia, Mary I, dieksekusi mati di Fotheringhay Castle, Northamptonshire, Inggris. Hukuman itu diberikan setelah Mary I dituding terlibat dalam upaya pembunuhan sepupunya yang tak lain adalah Ratu Inggris kala itu, Elizabeth I.

Advertisement

1587
Ratu Skotlandia, Mary I, dieksekusi mati di Fotheringhay Castle, Northamptonshire, Inggris. Hukuman itu diberikan setelah Mary I dituding terlibat dalam upaya pembunuhan sepupunya yang tak lain adalah Ratu Inggris kala itu, Elizabeth I.

Presiden Konfederasi Amerika Jefferson Finis Davis. (Biography.com)

1861
Negara Konfederasi Amerika secara resmi dibentuk dengan presiden Jefferson Finis Davis. Negara tersebut merupakan pecahan Amerika Serikat (AS) di bagian selatan. Konfederasi Amerika hanya ada saat Perang Saudara AS. Setelah Perang Saudara AS berakhir pada 1865, AS kembali mendapatkan kontrol atas wilayah Konfederasi Amerika.

Advertisement

1904
Koninklijke Nederlands-Indische Leger (KNIL) atau Tentara Kerajaan Hindia-Belanda yang dipimpin Gotfried Coenraad Ernst van Daalen berangkat ke Lhokseumawe untuk melaksanakan Ekspedisi Tanah Gayo, Alas, dan Batak. Ekspedisi yang kemudian berlangsung hingga 23 Juli itu diwarnai dengan pembantaian warga setempat oleh KNIL.

1942
Pasukan Algemene Vernielings Corps (AVC) dari Jepang tiba di Banjarmasin dan membumihanguskan kota tersebut. Jepang kemudian membentuk pemerintahan di Banjarmasin pada 16 Februari. Banjarmasin lantas berada di bawah kontrol Angkatan Laut Jepang.

1942
Pasukan Jepang mulai menginvasi wilayah Singapura demi merebutnya dari Inggris. Pertempuran pun pecah selama kurang lebih sepekan. Jepang yang memenangi pertempuran kemudian menguasai Singapura hingga 15 Agustus 1945 saat mereka harus menyerahkannya kembali Singapura kepada Inggris.

Advertisement

1943
Pasukan Uni Soviet berhasil merebut Kota Kursk dan mengusir pasukan Jerman. Pasukan Jerman yang terusir kemudian kembali melancarkan ke Kursk sekitar empat bulan kemudian dan meletuskan Pertempuran Kursk. Meski demikian, Jerman kalah dalah pertempuran itu dan gagal merebut Kursk dari Uni Soviet.

Tentara Inggris mulai melaksanakan operasi di wilayah antara Sungai Rhine dan Sungai Meuse, Prancis, 8 Februari 1945. (Wikimedia.org)

1945
Pasukan Inggris dan pasukan Kanada melancarkan operasi di wilayah antara Sungai Rhine dan Sungai Meuse di Prancis. Operasi itu bertujuan untuk mengusir semua tentara Jerman yang masih bertahan di wilayah tersebut. Berlangsung selama lebih dari sebulan, Inggris dan Kanada pada akhirnya berhasil mengusir tentara Jerman.

Advertisement

1971
Pasukan Angkatan Darat Vietnam Selatan melancarkan serangan ke Laos untuk memotong Jalur Ho Chi Minh. Serangan itu dilakukan demi menyusupnya pasukan komunis di Vietnam Selatan dari Laos.

Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas (kiri) dan Perdana Menteri Israel Ariel Sharon (kanan). (Timesofisrael.com)

2005
Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas dan Perdana Menteri Israel Ariel Sharon mengumumkan gencatan senjata demi mengakhiri konflik di Timur Tengah. Namun tak lama setelah pengumuman tersebut dilontarkan, kelompok Hamas menyatakan tak menyetujui gencatan senjata tersebut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 7 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 6 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 5 Februari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif