Ilustrasi gadget (Bbc.co.uk) Ilustrasi gadget (Bbc.co.uk)
Kamis, 8 Februari 2018 23:15 WIB Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos Solo Share :

Bisnis Jual Beli Gawai di Kota Solo Awal Tahun 2018 Bergairah

Pelaku usaha menyatakn penjualan gawai meningkat di awal tahun ini.

Solopos.com, SOLO — Januari 2018 dinilai menjadi awal yang baik untuk bisnis penjualan gawai atau gadget di Kota Solo di tahun ini. Beberapa penjual handphone (HP) di Solo mengaku jumlah penjualan meningkat hingga 20 persen dibandingkan awal tahun 2017 lalu.

Salah satu pedagang HP di Pasar Singosaren Solo, Edy Listyanto, mengatakan peningkatan penjualan sudah terjadi sejak Desember 2017.

“Memasuki 2017 dulu memang penjualannya menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tapi pada Desember 2017, jumlah penjualan sudah mulai meningkat sampai dengan Januari 2018,” kata dia saat ditemui di Pasar Singosaren Solo, Rabu (6/2/2018).

Menurutnya penjualan HP di 2017 menurun sekitar 30 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dia menyebutkan peningkatan jumlah penjualan tersebut bisa mencapai 20 persen. Dia berharap peningkatan penjualan di awal tahun ini menjadi pertanda baik untuk bisnis HP ke depan.

Di sisi lain dia mengatakan jenis smartphone yang paling banyak diminati konsumen adalah Android dengan harga sekitar Rp2 juta. Sedangkan untuk merek, dia menyebut Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Vivo paling banyak diminati.

“Sebenarnya ada lagi Motorola, yang mulai naik. Model dan harganya cukup bervariasi,” terang dia. Sedangkan untuk HP Xiaomi, saat ini masih cukup mendominasi permintaan pasar, meskipun stok barangnya terbatas.

Karyawan di konter Rinjani Selular, Solo Grand Mall (SGM), Eko Setyawan, juga mengatakan ada peningkatan penjualan di awal 2018.

“Peningkatannya sekitar 10 persen di bandingkan tahun lalu,” kata dia saat ditemui di SGM, Rabu. Menurutnya gawai dengan harga sekitar Rp2 juta masih menjadi barang yang banyak dicari konsumen.

Sedangkan untuk merek, Samsung dan Oppo menjadi yang paling banyak diminati. “Untuk Xiaomi saat ini barangnya kosong,” kata dia. Dia mengatakan selain faktor harga, pembeli biasanya mencari gawai dengan RAM di atas 2 GB.

Di Konter Galeri Gadget.com, SGM, juga ada kenaikan jumlah penjualan di awal tahun. Menurut Sales Konter Galeri Gadget.com, Andita Putri, peningkatan tersebut terjadi sekitar 10 persen dari tahun lalu.

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…