News
Kamis, 8 Februari 2018 - 14:10 WIB

Aksi Pembuat Roti Paratha Ini Bikin Melongo

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Proses membuat roti naan (paratha) dengan melempar adonan ke tukang goreng (Youtube)

Adonan dilempar ke koki yang berjarak enam meter.

Solopos.com, SOLO – Di berbagai desa di India terdapat makanan yang biasa dibuat dengan cara unik. Adonan masakan tersebut biasa dilempar dari pembuat adonan ke tukang goreng, jarak keduanya bisa mencapai enam meter. Makanan tersebut biasa disebut dengan Paratha.

Advertisement

Paratha merupakan roti goreng yang kerap di temui di India. Adonannya mirip donat, namun roti ini memiliki tekstur yang lebih keras dan dibuat bundaran gepeng tanpa ada lubang di tengah. Selain di India, Paratha juga dikenal di Pasikstan, Nepal, hingga Bangladesh.  Roti mirip dengan Paratha bisa ditemui di Indonesia dengan nama Roti Canai, yang sebenarnya berasal dari Malaysia namun terinspirasi dari Paratha asal India.

Tak seperti proses memasak roti pada umumnya, Paratha di India biasa dilempar dari satu tempat ke tempat lain. Biasanya petugas yang mengolah adonan tepung berada di depan restoran yang menjual Paratha. Dia akan memukul-mukul bulatan adonan tepung dan menggilingnya agar gepeng. Setelah itu adonan akan dilempar ke petugas penggoreng yang berlokasi sedikit masuk di restoran.

Berdasarkan lipuran Barcroft TV yang diunggah 27 Agustus 2014, salah satu restoran di India yang mempraktikkan cara memasak unik itu adalah restoran bernama Bhaskar Hotel yang berlokasi di Tamil Nadu, India. Di Bhaskar Hotel petugas adonan dan penggoreng berjarak enam meter dan tiap lemparan tak pernah meleset.

Advertisement

“Di restoran ini naan [paratha] menjadi menu unggulan. Proses lempar tangkap saat membaut naan mengundang pengunjung untuk datang,” ungkap pengolah adonan Paratha di Bhaskar Hotel, Sathyaraj kepada Barcroft TV.

 

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kisah Unik Video Viral
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif