Elang brontok yang ditemukan pingsan di Dusun Sentul, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jateng, Selasa (6/2/2018). (Instagram-@polres_kendal) Elang brontok yang ditemukan pingsan di Dusun Sentul, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jateng, Selasa (6/2/2018). (Instagram-@polres_kendal)
Rabu, 7 Februari 2018 20:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

SATWA LIAR KENDAL
Pingsan, Elang Brontok Diserahkan ke BKSDA

Satwa liar berupa elang brontok yang ditemukan warga Kendal kemudian diserahkan kepada BKSDA.

Solopos.com, KENDAL – Satwa liar berupa seekor elang brontok atau yang memiliki nama ilmiah nisaetus cirrhatus ditemukan Sukroniswanto, 35, warga Dusun Sentul, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (6/2/2018), dalam keadaan pingsan. Sukroniswanto didampingi aparat Polsek Sukorejo kemudian meyerangkan satwa liar itu kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kendal.

Dikabarkan aparat Polres Kendal melalui media sosial Instagram, Rabu (7/2/2018), satwa liar itu ditemukan dalam keadaan pingsan setelah menabrak kabel listrik kala hendak memangsa burung lain. Sukroniswanto, yang menemukan elang brontok itu tak jauh dari rumahnya, kemudian sempat memberikan perawatan beberapa saat hingga si elang brontok kembali mampu membuka matanya.

Dikutip dari laman resmi milik Polres Kendal, Sukroniswanto kemudian melapokan penemuan satwa liar itu ke Mapolsek Sukorejo. “Kemudian warga yang menemukan elang jawa [elang brontok] tersebut melaporkan kejadian itu ke Polsek Sukorejo dan langsung kami teruskan untuk diserahkan kepada petugas BKSDA Kendal,” ujar Kapolsek Sukorejo AKP Haryo Deko Dewo.

Petugas dari BKSDA Kendal, lanjut Haryo, kemudian datang dan menerima penyerahan satwa langka tersebut. Penyeranhan elang brontok kepada petugas BKSDA Kendal itu disaksikan Kanit Sabhara Polsek Sukorejo Ipda Yudhi Supada serta Bhabinkamtibmas Brigadir Slamet Heriyanto.

Elang brontok memang merupakan salah satu satwa liar yang dilindungi dari kepunahan. Satwa liar yang salah satunya ditemukan pingsan di kawasan Kendal itu merupakan burung yang hidup di kawasan Asia Selatan hingga Asia Tenggara, mulai India, Sri Lanka, Filipina, serta Indonesia. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

 

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…