Jatim
Rabu, 7 Februari 2018 - 01:05 WIB

PILKADA MADIUN 2018 : Panwaslu Kota Madiun Endus Ada Joki PPDP dalam Coklit

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) menempel stiker bukti pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih pemilu. (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Pilkada Madiun 2018, ditengarai ada joki PPDP dalam proses coklit data pemilih.

Madiunpos.com, MADIUN — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Madiun menemukan indikasi adanya joki petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dalam proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada Kota Madiun 2018.

Advertisement

Anggota Panwas Kecamatan (Panwascam) Taman, Budi Santoso, mengatakan indikasi adanya joki PPDP tersebut ditemukan di Kelurahan Josenan, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

“Hal itu berdasarkan laporan dari petugas pemantau lapangan [PPL] di Kelurahan Josenan,” ujar Budi Santoso kepada wartawan, Selasa (6/2/2018).

Berdasarkan laporan tersebut, ungkap dia, ditemukan pelaksanaan coklit tidak dilakukan oleh PPDP setempat, melainkan dilakukan oleh ketua RT setempat.

Advertisement

“Hal itu dibuktikan tidak adanya tanda tangan dari PPDP dalam stiker coklit yang ditempel di rumah warga,” kata dia. Adapun keberadaan joki PPDP tersebut diketahui PPL berdasarkan laporan sejumlah warga di kelurahan setempat.

Budi menambahkan pihaknya akan segera menindaklanjuti temuan PPL tersebut dengan melapor ke petugas Panwaslu Kota Madiun. Sebab hal tersebut jelas menyalahi aturan.

Sesuai aturan, PPDP seharusnya mendatangi rumah warga satu per satu sesuai wilayah tugasnya untuk melakukan pendataan, pencocokan, dan penelitian data pemilih yang telah ada.

Advertisement

Salah satu warga Kelurahan Josenan, Karman mengaku rumahnya didatangi ketua RT setempat guna dilakukan pendataan pemilih. Dia menyatakan tidak ada PPDP yang datang ke rumahnya. Karman menyatakan pendataan tersebut sudah dilakukan oleh petugas RT sejak sepekan lalu. Setelah didata, rumahnya dipasangi stiker coklit.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif