Jateng
Rabu, 7 Februari 2018 - 06:50 WIB

PILKADA 2018 : Sudirman-Ida Juga Klaim Peroleh Restu Lirboyo

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Empat peserta pilkada atau Pilgub Jateng (dari kiri ke kanan) Ida Fauziyah, Sudirman Said, Ganjar Pranowo, dan Taj Yasin. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 diklaim kubu Sudirman-Ida diwarnai restu pengasuh Ponpes Lirboyo, Kediri bagi mereka.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) dalam rangkaian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018 terasa seru karena aksi saling klaim atas restu dari ulama karismatik pengasuh pondok pesatren (ponpes) terkemuka di Jawa Timur (Jatim).

Advertisement

Aksi saling klaim restu pondok pesantren di provinsi tetangga itu, Kamis (25/1/2018) silam, disulut pendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin yang mengaku telah mendapat restu dari pengasuh Ponpes Ploso dan Ponpes Lirboyo. Restu itu, menurut Panglima Santri Gayeng, Mukhlisin, diberikan kepada Ganjar dan Yasin saat pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur itu bersilaturahmi ke kedua ponpes itu, Rabu (24/1/2018) malam silam.

[Baca juga Ganjar-Yasin Peroleh Dukungan Ponpes di Jatim]

Namun klaim itu dipatahkan kubu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jateng Sudirman Said dan Ida Fauziah melalui siaran pers yang diterima Kantor Berita Antara, Selasa (6/2/2018). Menurut siaran pers itu, Sudirman-Ida juga memperoleh restu dan dukungan untuk berlaga dalam Pilkada 2018 dari pengasuh Ponpes Lirboyo di Kediri, Jatim, K.H. Anwar Manshur.

Advertisement

Dukungan tersebut, menurut siaran pers tim media Sudirman-Ida, disampaikan K.H. Anwar Manshur saat menerima kedatangan Sudirman-Ida dalam silaturahim di Kediri, Selasa. Dalam kesempatan itu, Anwar Manshur menyatakan akan berbicara kepada para orang tua santri yang berasal dari Jateng agar mendukung pasangan Sudirman-Ida dalam pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018.

“Nanti tak sampaikan ke orang tua santri yang dari Jawa Tengah,” janjinya dalam silaturahim yang juga dihadiri Ketua DPW PKB Jawa Tengah K.H. Yusuf Chudlori itu.

Ia selanjutnya berpesan kepada Sudirman Said dan Ida Fauziyah untuk menjadi pemimpin yang bersih. “Kalau resik nduwure [bersih atasnya] maka bawahnya juga bersih,” tambahnya.

Advertisement

Oleh karena itu, ia meminta pasangan itu juga berjuang sekuat mungkin, karena segala sesuatu harus didapat dengan perjuangan. Salah seorang pengasuh lain Ponpes Lirboyo K.H. An’im Falahudin Mahrus juga membenarkan dukungan K.H. Anwar Manshur terhadap pasangan Sudirman-Ida itu.

“Tadi sudah disampaikan, alumni Lirboyo akan back up Pak Sudirman dan Bu Ida di Pilgub Jateng,” katanya. Di sela-sela silaturahim tersebut, Sudirman Said dan Ida Fauziah juga berkesempatan berziarah di makam pendiri Ponpes Lirboyo K.H. Abdul Karim.

Pilgub Jateng sebagai rangkaian pilkada 2018 diikuti dua pasang calon gubernur dan wakil gubernur. Mereka adalah Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Demokrat dan Partai Nasdem serta Sudirman Said-Ida Fauziyah yang diusung PKB, PAN, PKS dan Partai Gerindra.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif