Ronald Koeman (JIBI/Reuters/Lee Smith)
Rabu, 7 Februari 2018 17:25 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com Internasional Share :

Koeman Ingin Bawa Belanda Lolos ke Turnamen Besar

Ronald Koeman akan menangani Timnas Belanda.

Solopos.com, AMSTERDAM – Ronald Koeman resmi ditunjuk sebagai pelatih Timnas Belanda. Koeman pun bertekad membawa De Oranje lolos ke putaran final turnamen-turnamen besar.

Koeman mengisi kursi pelatih Belanda yang kosong setelah Dick Advocaat didepak setelah gagal membawa Belanda lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Itu menjadi kegagalan kedua Belanda lolos ke turnamen besar setelah sebelumnya juga absen di Piala Eropa 2016.

Padahal, Belanda dikenal sebagai negara kuat di Eropa dalam hal sepak bola. Terbukti pada Piala Dunia 2014 mereka berhasil menempati posisi ketiga saat diasuh Louis van Gaal. Dalam penampilannya di ajang itu, Belanda juga sempat menghajar Spanyol 5-1 dan tuan rumah Brasil 3-0.

Namun setelah itu Belanda terus menurun. Para suksesor Van Gaal yakni Guus Hiddink, Danny Blind, dan Advocaat, gagal mengangkat prestasi Belanda. Tak ayal, Koeman pun diharapkan bisa menjadi juru taktik anyar yang bisa memberikan prestasi untuk De Oranje.

“Saya sangat yakin soal masa depan tim karena kami punya talenta yang cukup, tapi kami harus mengubah beberapa hal, yang nanti akan saya bicarakan lebih lanjut,” ujar Koeman seperti dilansir Reuters, Rabu (7/2/2018).

“Saya pikir Belanda harus lolos ke putaran final turnamen-turnamen besar dan saya melihat masa depan cerah dalam hal itu. Itulah kenapa saya mengambil pekerjaan ini,” imbuhnya.

Laga pertama Koeman menukangi Timnas Belanda adalah pada laga persahabatan melawan Inggris di Amsterdam pada 23 Maret 2018. Kemudian dia akan memimpin Memphis Depay dkk. laga melawan Portugal di Jenewa tiga hari kemudian.

lowongan pekerjaan
SALESMAN/GIRL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…