Gubernur Ganjar Pranowo memamerkan produk dari salah satu pelaku UMKM di Jateng. (Instagram-@ganjar_pranowo) Gubernur Ganjar Pranowo memamerkan produk dari salah satu pelaku UMKM di Jateng. (Instagram-@ganjar_pranowo)
Rabu, 7 Februari 2018 13:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

Klaim Omzet UMKM Jateng Naik Drastis, Ganjar Pranowo Ajak Wiraswasta Warganet

Gubernur Ganjar Pranowo mengajak warganet berwiraswasta setelah mengklaim pertumbuhan drastis UMKM di Jateng semasa kepemimpinannya.

Solopos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengklaim pertumbuhan omzet pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jateng meningkat drastis di masa dirinya menjabat sebagai gubernur. Atas pencapaian tersebut, politikus PDI Perjuangan yang kembali maju sebagai calon gubernur (cagub) di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng sebagai rangkaian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018 itu mengajak warganet untuk berwiraswasta.

Ajakan itu disampaikan sang gubernur Jateng melalui akun Instagramnya, @ganjar_pranowo, Selasa (6/2/2018) petang. “Yuk gan, berwirausaha,” ajak Ganjar dengan nada santai layaknya percakapan antar-warganet.

Ia mengklaim omzet yang didapatkan para pelaku UMKM binaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng meningkat derastis kala dirinya menjabat gubernur selama lima tahun ini. “Dalam lima tahun terakhir, omzet UMKM binaan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meningkat sebanyak Rp30,45 triliun. Tahun 2012 omzet sebesar Rp18,79 triliun dan di tahun 2017 menjadi Rp49,24 triliun,” beber gubernur yang kerap tampil dengan rambut putihnya itu.

[Baca juga Era Ganjar, UMKM di Jateng Diklaim Tumbuh Subur]

Ajakan orang nomor wahid di lingkungan Pemprov Jateng itu lantas mendapatkan sambutan baik dari warganet. Tak sedikit yang kemudian berminat menjadi wiraswasta, dalam hal ini sebagai pelaku UMKM, setelah mengetahui peningkatan omzet yang dipamerkan Ganjar Pranowo. “Pak kami mau dibina pemerintah disiapkan pasarnya atau dilatih pemasaran,” tulis pengguna akun Instagram @kanx_ady.

“Semoga terus berkembang mitra binaan UMKM-nya Pak Ganjar, mantap dah program 25 Bank Jateng,” ungkap pengguna akun Instagram @fadjarsukses.

“Mantap pak! UMKM Jateng keren!” timpal pengguna akun Instagram @ermamustikayani.

Selain mengajak warganet di media sosial Instagram, Ganjar sebelumnya juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk berwiraswasta kala hadir dalam dialog interaktif Mas Ganjar Menyapa yang bertajuk UMKM, dari Rakyat Untuk Jateng di salah satu stasuin radio di Kota Semarang, Selasa (6/2/2018).

Menurut Ganjar, UMKM mampu menggulirkan roda perekonomaian meski negara sedang dilanda krisis ekonomi seperti pada 1998 silam. “Potensi UMKM yang ada di Jateng akan menggelindingkan usaha rakyat, bahkan saat krisis ekonomi pada 1998 melanda, UMKM mampu bertahan di tengah guncangan ekonomi global,” kata Ganjar seperti dikutip Kantor Berita Antara.

Sang gubernur mengungkapkan UMKM di Jateng saat ini didominasi produk batik, makanan, serta kerajinan tangan yang mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 900 ribu orang dengan perputaran uang UMKM mencapai kurang lebih Rp153 triliun. Ganjar menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal penting dalam pengembangan UMKM, yakni permodalan, kemasan, legalitas produk, dan sumber daya manusia.

Menurut Ganjar, Pemprov Jateng terus mendukung para pelaku UMKM di Jateng, salah satunya melalui aplikasi UMKM Center bernama Sadewa Market. “Aplikasi berbasis android tersebut sudah mengakomodasi sekitar 800 pelaku UMKM se-Jateng, bahkan produk pertanian pun sudah ada aplikasi Regopantes.com dan Eragano.com,” ujarnya.

Selain itu, ia meyakini UMKM mampu memberikan dorongan serta membangun kemandirian perekonomian rakyat. “Dari sisi pemasaran nonkonvensional bisa dilakukan melalui pameran-pameran yang diselenggarakan pemerintah di berbagai kegiatan,” katanya.

Ganjar menjelaskan aplikasi UMKM Center bukan hanya berfungsi untuk menjual produk, namun juga sebagai penyedia informasi, baik mengenai pengembangan, kemasan produk, akses permodalan, dan lainnya bagi para pelaku UMKM. “Pemprov Jateng juga membantu para pelaku UMKM mengakses permodalan, diantaranya bantuan Kredit Mitra Jateng 25, Jamkrida, dan Kredit Usaha Rakyat [KUR],” jelas gubernur Jateng.

Ganjar berharap dengan kucuran kredit bunga rendah tanpa jaminan yang ia sebutkan, para pelaku UMKM tak akan kesulitan mendapatkan modal. Dengan begitu, maka pelaku UMKM diharapkan bisa mengembangkan usaha mereka.

Dikabarkan Semarangpos.com sebelumnya, gubernur yang kembali maju sebagai cagub di pilkada atau lebih tepatnya Pilgub Jateng 2018 itu menyatakan siap mendukung para pelaku UMKM di Jateng. Bahkan, Ganjar juga bersedia mempromosikan produk dari para pelaku UMKM di Jateng melalui berbagai macam media. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…