News
Rabu, 7 Februari 2018 - 20:00 WIB

Ini Mekanisme Pemotongan 2,5% Gaji PNS untuk Zakat

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menkeu Sri Mulyani berjabat tangan dengan pimpinan rapat paripurna Taufik Kurniawan (kiri) disaksikan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Rabu (25/10). (JIBI/Antara/Wahyu Putro A)

Pemotongan 2,5% gaji PNS untuk zakat menjadi fasilitas bagi para PNS beragama Islam.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku sudah mengetahui laporan terkait wacana Kementerian Agama (Kemenag) yang ingin memotong gaji pegawai negeri sipil (PNS) sebesar 2,5% untuk membayarkan zakat.

Advertisement

Saat ditemui seusai menghadiri Mandiri Invesment Forum di Jakarta, Rabu (7/2/2018), mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan bahwa ia sudah menerima laporan langsung dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tentang wacana tersebut saat rapat terbatas beberapa hari lalu di Kantor Presiden.

“Kemarin disampaikan di dalam rapat namun saya belum melihatnya, tapi nanti kita lihat,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani menjelaskan maksud wacana pemotongan 2,5% dari gaji PNS untuk membayar zakat. Pemotongan gaji adalah salah satu upaya pemerintah memudahkan masyarakat dalam membayar zakat sesuai anjuran agama Islam.

Advertisement

Menurut Sri Mulyani, dana hasil pemotongan zakat dari gaji abdi negara tersebut akan dihimpun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). “Kan ada lembaga Baznas dalam hal ini, tentu mereka akan menjadi bentuk institusi yang bisa menjelaskan,” ungkap dia.

Kementerian Agama saat ini tengah menyelesaikan aturan mengenai pemotongan gaji PNS untuk membayarkan zakat. Saat ini, proses pembuatan aturan dalam tahap pematangan draf dan akan tertuang dalam Perpres.

Pemotongan 2,5% nantinya akan diberlakukan kepada PNS yang beragama Islam, namun tidak diberlakukan secara wajib. Jadi, para PNS beragama Islam boleh saja jika tidak ingin menggunakan fasilitas tersebut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif