Jogja
Rabu, 7 Februari 2018 - 05:20 WIB

Ini Keunggulan Produk Dekorasi Rumah dari Jogja Dibanding Daerah Lain

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung melihat mebel yang dipamerkan dalam Jogja International Furniture and Craft Fair Indonesia (Jiffina) 2016 di Jogja Expo Center (JEC), Minggu (13/3/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Produk dekorasi rumah asal Jogja masih memiliki daya tarik bagi pasar ekspor

Harianjogja.com, JOGJA– Produk dekorasi rumah asal Jogja masih memiliki daya tarik bagi pasar ekspor. Selain didukung kekuatan bahan baku, kreativitas pada desain dan produk menjadi keunggulan bagi produk mebel dan kerajinan DIY di pasar mancanegara.

Advertisement

Ketua DPD Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) DIY, Timbul Rahajo mengatakan produk kerajinan dan mebel DIY banyak menampilkan keunikan. Kreativitas perajinnya memberikan sentuhan daya tarik pada setiap produk yang dihasilkan.

“Paling digemari, home decor. Namun memang kerajinan dan mebel DIY itu, dari keunikan bahan dan kreativitasnya masih berimbang,” ujar Timbul, Minggu (4/2/2018).

Kreativitas produk kerajinan dan mebel DIY, kata Timbul, selalu mampu menampilkan keunikan yang berbeda. Artinya, selalu menghadirkan desain-desain yang tidak umum atau tidak biasa dari produk lainnya. Hal ini yang membuat produk mebel dan kerajinan DIY lebih unggul.

Advertisement

“Karena daya tarik produk itu tidak hanya unik, tetapi juga harus beda dari kebanyakan produk lain di pasaran,” ungkap Timbul.

Direktur Jogja International Furniture and Craft Fair Indonesia (Jiffina) 2018, Endro Wardoyo mengatakan produk kerajinan dan mebel Jogja masih memiliki kekuatan pada desain. Di mana unsur budaya sering diadopsi ke dalam setiap produk yang dibuat.

“Sehingga memberikan keunikan tersendiri dibandingkan produk kerajinan dan mebel lainnya,” ujar Endro.

Advertisement

Sebelumnya, Endro juga mengungkapkan tren produk daur ulang juga masih menjadi primadona bagi para buyer luar negeri. Namun, bukan hanya dari Jogja, tetapi hampir sebagian besar produk daur ulang selalu menarik pasar luar negeri.

“Setiap diikutkan dalam pameran di luar negeri, produk daur ulang ini paling banyak diminati,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif