Kepala Satpol PP Provinsi Jateng Sinoeng N. Rachmadi. (JIBI/Solopos/Antara/Sumarwoto) Kepala Satpol PP Provinsi Jateng Sinoeng N. Rachmadi. (JIBI/Solopos/Antara/Sumarwoto)
Rabu, 7 Februari 2018 18:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

Hadapi Pilkada 2018, Satpol PP Jateng Gelar Pasukan di Depan Ganjar Pranowo

Menghadapi pilkada serentak 2018, Satpol PP Jateng menggelar pasukan di hadapan Gubernur Ganjar Pranowo.

Solopos.com, SEMARANG — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Tengah menunjukkan kesiapan personel menjelang pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018 dengan melaksanakan Gelar Pasukan 2018 di GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (7/2/2018). Gelar pasukan itu dilaksanakan di hadapan Gubernur Ganjar Pranowo yang kembali mencalonkan diri dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng mendatang.

Sebagaimana dipublikasikan Kanror Berita Antara, Selasa (6/2/2018), gelar pasukan di hadapan Gubernur Jateng Ganjar ranowo itu diikuti 1.420 orang personesil Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Jateng. Kegiatan itu, menurut Kepala Satpol PP Jateng Sinung N. Rachmadi, dimaksudkan untuk meneguhkan kembali integritas, profesionalisme, sikap reponsif, dan kekompakan seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas dalam mewujudkan ketentraman serta ketertiban masyarakat menuju Pilgub Jateng serta pilkada serentak di tujuh kabupaten dan kota di Jateng.

“Acara dimulai hari Selasa 6 Februari dengan gladi bersih gelar pasukan dan malam keakraban bagi para anggota Satpol PP dan Satlinmas Jateng,” ungkap Sinung yang bertindak sebagai perwira upacara dalam kegiatan yang menghadirkan Ganjar Pranowo sebagai inspektur upacara tersebut.

[Baca juga Ganjar Pranowo Lecut Semangat Intelijen Satpol PP]

Puncak acara yang dilaksanakan Rabu bukan hanya berupa upacara gelar pasukan. Kegiatan itu juga dimeriahkan lomba defile yang dimeriahkan dengan penampilan seni Tari Lenjer Banyumas, marching band SMK-SPM Nasional Purwokerto, serta atraksi barangsai.

Lomba defile yang diikuti seluruh peserta Satpol PP dan Satlimas dengan penilaian kekompakan, kerapian, kesergaman gerak serta langkah baris berbaris, serta semangat dari para peserta. Penyerahan hadiah terhadap pemenang lomba penekan peraturan daerah, kawasan tertib, kader siaga trantib, serta keaktifan Satpol PP dalam menggunakan media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram juga diagendakan dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan yang merupakan bagian dari HUT Ke-68 Satpol PP dan HUT Ke-56 Satlinmas Provinsi Jateng tersebut, diikuti 1.420 orang yang terbagi dalam 71 peleton dengan setiap peleton 20 orang, satu peleton dari provinsi Jateng. Masing-masing kabupaten dan kota di Jateng dalam kegiatan itu menyiapkan dua peleton yang terdiri atas peleton Satpol PP serta peleton satlinmas.

“Untuk ikut menjaga kearifan dan keanekaragaman potensi lokal, Komandan peleton Satpol PP dan Satlinmas diwajibkan menggunakan pakaian adat daerah,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…