News
Rabu, 7 Februari 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 7 Februari 1964, The Beatles Injak AS

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Personel The Beatles tiba di Bandara Kennedy, New York, AS, 7 Februari 1964. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 7 Februari.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 7 Februari. Grup band legendaris asal Inggris, The Beatles, untuk kali pertama menginjakkan kaki di Amerika Serikat (AS).

Advertisement

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 7 Februari.

Patung Leo I di Museum Louvre di Paris, Prancis. (Wikimedia.org)

Advertisement

Patung Leo I di Museum Louvre di Paris, Prancis. (Wikimedia.org)

457
Flavius Valerius Leo Augustus dinobatkan sebagai kaisar di Romawi Timur dan kemudian dikenal sebagai Leo I. Leo I lantas dikenal sebagai kaisar pertama di Romawi Timur yang membuat undang-undang menggunakan bahasa Yunani, bukan bahasa Latin seperti kaisar-kaisar sebelumnya.

1238
Pasukan Mongol pimpinan Batu Khan yang menginvasi Rusia membumihanguskan Kota Vladimir di Rusia. Pangeran Vladimir, Yuri II, sebenarnya sudah mengirim pasukan untuk menghentikan pasukan Mongol yang hendak memasuki Vladimir. Sayang, upaya itu sia-sia dan Yuri II tewas sebulan kemudian di tangan pasukan Mongol dalam Pertempuran Sungai Sit di wilayah yang kini bernama Yaroslavl di Rusia.

Advertisement

1807
Pasukan Prancis pimpinan Napoleon Bonaparte memergoki pasukan Rusia pimpinan Bennigsen yang masih bertahan di Eylau, Prusia Timur. Pertempuran pun tak terhindarkan lantaran Prancis ingin merebut wilayah tersebut. Prancis pada akhirnya memenangi pertempuran yang berlangsung selama dua. Saat ini, Prusia Timur menjadi bagian dari tiga negara, yakni Rusia, Polandia, dan Lituania.

1897
Untuk kali pertama dalam Perang Yunani-Turki, pertempuran besar pasukan Yunani dan pasukan Kesultanan Utsmaniyah Turki meletus di Livadeia, Yunani. Pertempuran itu meletus saat pasukan Yunani hendak melakukan ekspedisi di Pulau Kreta, Laut Tengah. Pasukan Yunani menjadi pemenang dalam pertempuran besar pertama dalam Perang Yunani-Tukui itu.

1943
Seluruh pasukan Jepang di Pulau Guadalkanal, Kepulauan Solomon berhasil dievakuasi dalam Operasi Ke yang berlangsung selama hampir sebulan. Hal itu menandai berakhirnya upaya Jepang untuk merebut Pulau Guadalkanal dari cengkeraman Sekutu. Sebelumnya, Jepang telah berupaya merebut Pulau Guadalkanal sejak 7 Agustus 1942.

Advertisement

1944
Dalam pertempuran di Anzio, Italia, pasukan Jerman dan Italia melancarkan serangan balasan terhadap Sekutu yang telah terlebih dulu melakukan serangan sejak 22 Januari. Pertempuran kemudian berlangsung hingga 5 Juni dan berakhir dengan kemenangan Sekutu. Meski menang, Sekutu harus kehilangan lebih banyak tentaranya dibanding Jerman dan Italia. Sekutu harus kehilangan sekitar 7.000 prajuritnya yang tewas sedangkan Jerman dan Italia hanya kehilangan sekitar 5.000 tentaranya.

1964
Band legendaris asal Inggris, The Beatles, untuk kali pertama tiba di Amerika Serikat (AS) demi tampil dalam konser. Konser pertama The Beatles di AS itu bertajuk Meet the Beatles!. Ribuan penggemar menyambut mereka di Bandara Kennedy, New York. Konser pertama The Beatles di AS yang ditayangkan televisi itu ditonton 73 juta warga AS atau sekitar 40% dari seluruh penduduk Negeri Paman Sam.

1974
Grenada meraih kemerdekaan penuh dari Inggris yang telah menguasainya sejak 1763. Grenada adalah negara kepulauan yang terletak di bagian paling selatan Kepulauan Windward, Karibia.

Advertisement

Mikhail Gorbachev. (Csmonitor.com)

1990
Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet sepakat untuk melepaskan monopoli kekuasaan yang sudah berjalan di Uni Soviet selama kurang lebih 70 tahun. Keputusan itu diambil atas rekomendasi pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev. Hal tersebut menjadi awal perpecahan Uni Soviet.

2016
Korea Utara (Korut) meluncurkan satelit pengamat bumi, Kwangmyongsong-4, ke luar angkasa. Peluncuran itu kemudian dianggap telah melanggar beberapa perjanjian PBB dan memicu kecaman dari sejumlah pemimpin negara. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 6 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 5 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 4 Februari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif