Wasit berdiskusi (JIBI/REUTERS/Andrew Yates)
Selasa, 6 Februari 2018 06:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Inggris Share :

LIGA INGGRIS
Saat Wasit “Rapat Dadakan” di Tengah Laga Liverpool Vs Tottenham

Liga Inggris diwarnai dengan keputusan kontroversial wasit.

Solopos.com, LIVERPOOL – Hakim garis Eddie Smart mendapat sorotan setelah bertugas dalam laga Liverpool versus Tottenham Hotspur di Stadion Anfield, Liverpool, yang berakhir Senin (5/2/2018) dini hari WIB. Dalam pertandingan itu, wasit Jonathan Moss dua kali memberi hadiah penalti untuk Tottenham. Pengambilan keputusan untuk kedua insiden penalti itu pun selalu melibatkan Smart.

Pada penalti pertama, Smart memanggil Moss karena dia ragu mengenai posisi bomber Spurs, Harry Kane, sebelum dijatuhkan kiper Liverpool, Loris Karius, di kotak penalti sekitar menit ke-83. Sebab Moss saat itu berada dalam posisi lebih dekat dengan para pemain dibandingkan Smart.

Smart minta keterangan apakah bek Liverpool, Dejan Lovren, menyentuh bola sebelum Kane terjatuh atau tidak. Sebab, jika Lovren memainkan bola, itu berarti Kane onside sebelum pelanggaran terjadi.

Untuk memperjelas situasi itu, Moss mengadakan “rapat dadakan” di pinggir lapangan bersama Smart, serta kapten/wakil kapten kedua tim, Emre Can (Liverpol) dan Christian Eriksen (Tottenham). Terlibatlah diskusi yang sangat sengit antara tiga ofisial pertandingan tersebut dengan masing-masing pemimpin kesebelasan.

“Saya perlu tahu, Lovren menyentuh bola atau tidak? Jika dia tidak menyentuh bola itu offside. Itu offside jika Lovren tidak menyentuh bola,” ujar Smart kepada Moss.

“’Dia [Lovren] menyentuh bola,” jelas Eriksen.

“Dia tidak menyentuh bola,” timpal Can.

“Saya tidak bisa memastikan apakah Lovren menyentuh bola atau tidak. Itu pertanyaan yang saya ajukan,” tegas Smart.

“Katakan lagi,” pinta Moss.

“Saya butuh klarifikasi apakah Lovren menyentuh bola atau tidak. Jika ya, itu aksi yang tidak bisa diterima dan itu penalti. Jika tidak, itu offside,” ujar Smart

“Saya tidak punya ide apakah Lovren menyentuh bola atau tidak. Martin, apakah kamu tahu sesuatu?,” ujar Moss yang juga meminta penjelasan ofisial keempat, Martin Atkinson.

“Saya akan memberi penalti,” lanjut Moss kepada Smart.

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU REJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…