Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong Un, saat peluncuran roket 24 April 2014. (JIBI/Reuters/Repro KCNA) Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong Un, saat peluncuran roket 24 April 2014. (JIBI/Reuters/Repro KCNA)
Selasa, 6 Februari 2018 12:30 WIB JIBI/Kabar24 Internasional Share :

Intelijen Jerman ungkap Korut dapat Suku Cadang dari Kedutaannya di Berlin

Sayangnya, BfV tidak mengatakan jenis teknologi apa yang didapat Korut.

Solopos.com, BERLIN – Badan intelijen Jerman Bundesamts für erfassungsschutz (BfV) mengungkap Korea Utara (Korut) memperoleh suku cadang dan teknologi senjata nuklir melalui kedutaan mereka di Berlin, Jerman.

Dilansir BBC, Senin (5/2/2018), dalam wawancara dengan saluran televisi Jerman, NDR, Kepala BfV, Hans-Georg Maassen mengatakan bahwa banyak upaya Korut lewat Kedubes mereka itu yang bisa dihadang dan digagalkan, namun tidak semuanya terdeteksi.

Dia tidak mengatakan jenis teknologi apa yang didapat Korut, namun menegaskan semua itu dapat digunakan untuk tujuan sipil dan militer.

Korea Utara terus mengembangkan rudal dan senjata nuklir meski kena berbagai sanksi internasional.

Sebuah laporan menyebut bahwa Korut memperoleh hampir US$200 juta tahun lalu dengan mengekspor komoditas yang dilarang. Tujuan ekspor itu antar lain ke China, Rusia dan Malaysia.

“Kami mengamati bahwa banyak kegiatan pengadaan barang dilakukan dari kedutaan,” kata Hans-Georg Maassen, Senin (5/2/2018).

Sementara itu, panel ahli PBB telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa Korea Utara membantu Suriah untuk mengembangkan senjata kimia serta memberikan rudal balistik ke Myanmar.

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…