News
Selasa, 6 Februari 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 6 Februari, Pramoedya dan Bob Marley Dilahirkan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pramoedya Ananta Toer (Istimewa/Wikipedia)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 6 Februari.

Semarangpos.com. SOLO — Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 6 Februari. Salah satunya adalah Tragedi Munchen 1958 yang menewaskan delapan pemain sepak bola Manchester United.

Advertisement

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 6 Februari.

337
Julis atau Julius dinobatkan sebagai pemimpin gereja Katolik seluruh dunia atau paus dengan nama Paus Julius I. Paus Julius I dikenal sebagai paus yang kemudian menetapkan 25 Desember sebagai Hari Natal untuk merayakan kelahiran Yesus. Julius menjadi paus hingga akhir hayatnya pada 352.

Advertisement

337
Julis atau Julius dinobatkan sebagai pemimpin gereja Katolik seluruh dunia atau paus dengan nama Paus Julius I. Paus Julius I dikenal sebagai paus yang kemudian menetapkan 25 Desember sebagai Hari Natal untuk merayakan kelahiran Yesus. Julius menjadi paus hingga akhir hayatnya pada 352.

1778
Amerika Serikat (AS) dan Prancis menandatangani dua traktat atau perjanjian antar-bangsa di Paris, Prancis. Perjanjian itu menandakan Prancis telah secara resmi mengakui kedaulatan Amerika Serikat (AS).

Penandatanganan Traktat Angkatan Laut Washington di Memorial Continental Hall, Washington, D.C., AS, 6 Februari 1922. (Wikimedia.org)

Advertisement

1925
Pramoedya Ananta Toer lahir di Blora, Jawa Tengah (Jateng), Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Namanya kemudian terkenal sebagai salah satu pengarang yang produktif dalam sejarah sastra Indonesia. Pramoedya telah menghasilkan lebih dari 50 karya dan diterjemahkan ke dalam 41 bahasa asing. Pramoedya meninggal dunia di usia 81 tahun pada 30 April 2006.

Robert Nesta Marley alias Bob Marley. (Rollingstone.com)

1945
Robert Nesta Marley dilahirkan di Nine Mile, Saint Ann, Jamaika. Ia kemudian dikenal luas sebagai penyanyi, penulis lagu, sekaligus aktivis yang dikenal dengan nama Bob Marley. Sampai saat, ia ini dianggap sebagai musisi reggae tersohor. Selain itu, Bob diakui berperan dalam memopulerkan dan menyebarkan musik Jamaika serta Gerakan Rastafari ke seluruh dunia.

Advertisement

1952
Elizabeth Alexandra Mary dinobatkan sebagai ratu Inggris menggantikan ayahnya, George VI, yang meninggal dunia dihari yang sama. Elizabeth yang kemudian dikenal sebagai Elizabeth II sedang berkunjung ke Kenya saat kabar meninggalnya George VI diumumkan. Elizabeth II adalah ratu yang memimpin Inggris hingga kini.

Foto dokumentasi Tragedi Munchen 1958. (Wikimedia.org)

1958
Pesawat yang dioperasikan British European Airways jatuh di Munchen, Jerman Barat. Pesawat tersebut mengangkut 38 orang yang di antaranya ada ada sejumlah pemain sepak bola Manchester United (MU) yang hendak kembali ke Inggris seusai pertandingan Piala Eropa 1957-1958 di Beograd, Yugoslavia. Kejadian yang dikenang dengan sebutan Tragedi Munchen 1958 itu menewaskan delapan pemain sepak bola MU dan 15 penumpang lainnya. Tragedi ini selalu diperingati Manchester United setiap 6 Februari.

Advertisement

1964
Pemerintah Kuba pimpinan Fidel Castro menyetop suplai air bersih ke pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di Teluk Guantanamo, Kuba. Keputusan itu diambil Fidel Castro sebagai salah satu upaya membebaskan 36 nelayan Kuba yang dipenjara di Florida, AS.

1998
Bandara Nasional Washington atau Washington National Airport di Amerika Serikat (AS) berubah nama menjadi Ronald Reagan National Airport. Hal itu bertujuan untuk menghormati jasa-jasa presiden ke-40 AS, Ronald Reagan. Penggantian nama itu tepat pada hari lahir Ronald Raegan. Presiden ke-40 AS itu diketahui lahir pada 6 Februari 1911.

2000
Pasukan Rusia merebut Kota Grozny dari pasukan Republik Chechnya Ichkeria. Peristiwa yang terjadi di masa Perang Chechnya II itu memaksa pemerintahan separatis Republik Chechnya Ichkeria lari ke pengungsian. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Dunia Hari Ini, 5 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Dunia Hari Ini, 4 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Dunia Hari Ini, 3 Februari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif