Jogja
Senin, 5 Februari 2018 - 11:55 WIB

TPI di Sadeng Bakal Jadi TPI Higienis

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua nelayan sedang mengangkat hasil tangkapan ikan yang ada di TPI Pelabuhan Sadeng. Rabu (2/8/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

TPI ini akan berstandar internasional

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pembangunan tempat pelelangan ikan (TPI) higienis di Pantai Sadeng, Songbanyu, Girisubo mulai dikerjakan tahun ini.

Advertisement

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Gunungkidul Khairuddin mengatakan seharusnya pembangunan tersebut dilakukan sejak tahun kemarin. Namun, karena perencanaan dan realisasi dianggap, proyek ini diundur pada tahun ini. “Pembangunan TPI yang memenuhi kualitas standar internasional ini seharusnya dibangun tahun kemarin. Dari Pusat rencana ada 70 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, Pantai Sadeng salah satunya,” ujarnya, Minggu (4/2/2018).

Adanya TPI yang memenuhi standar internasional ini diharapkan mampu memperluas pasar penjualan ikan dan juga menjaga kualitas ikan yang bersih. Menurutnya, kualitas kebersihan TPI juga diperlukan, tidak hanya saat akan dimasak. Menurutnya, TPI itu akan sangat tertutup, tidak sembarang orang akan bisa masuk. Adapun TPI yang saat ini ada belum memenuhi standar tersebut.

Dia mengatakan TPI tersebut semacam pasar sehat. Adapun negara lain juga sudah menerapkan TPI higienis ini. Khairuddin berharap proyek ini segera terealisasi dan nantinya juga dikembangkan di TPI lain di kawasan Gunungkidul. “Semoga nanti dapat dikembangkan juga di TPI lain. Mungkin dengan anggaran APBD, tidak mengandalkan Pusat,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif