Lahan Bekas Bioskop Indra (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)
Senin, 5 Februari 2018 20:55 WIB I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Kawasan Malioboro Bakal Punya Tempat Parkir Baru, Tahun Ini Siap Digunakan

Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menargetkan pembuatan tempat khusus parkir (TKP) di Jalan Beskalan bisa rampung tahun ini juga

Solopos.com, JOGJA–Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menargetkan pembuatan tempat khusus parkir (TKP) di Jalan Beskalan bisa rampung tahun ini juga. Infrastruktur berlantai tiga ini dibangun dengan tujuan menambal kekurangan lahan parkir di sekitaran Malioboro.

Dari wacana yang berkembang, tempat parkir di Jalan Beskalan juga akan terintegrasi langsung dengan sentra Pedagang Kaki Lima (PKL) di lahan eks Bioskop Indra. Dengan harapan kepadatan lalu lintas Malioboro bisa berkurang.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Sapto Rahardjo mengatakan, rencana pembangunan TKP di Jalan Beskalan saat ini memasuki tahap pembuatan rencana kerja dan syarat-syarat (RKS). RKS akan segera diserahkan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) DIY, agar proses lelang bisa segera dimulai.

“Mulai proses lelang kemungkinan Maret atau April. Kalau dalam rencana, pembangunan sudah dimulai pada April. Dibangun mirip dengan TKP Abu Bakar Ali, tapi desainnya beda. Tahun ini sudah harus selesai dibangun,” ujar Sigit melalui sambungan telepon, Minggu (4/2/2018).

TKP di Jalan Beskalan akan dibangun dilahan seluas 1.148 meter persegi. Rencananya dilokasi akan didirikan tempat parkir tiga lantai, yang bisa menampung 384 kendaraan roda dua dan 19 kendaraan roda empat.

Sigit menjelaskan, TKP tersebut dibangun karena selama ini lahan parkir yang ada di sekitaran Malioboro sudah sangat padat. Sehingga jika ada tempat parkir baru, diharapkan kepadatan bisa sedikit terpecah.

Ia menambahkan, Pemda DIY juga akan membuat jalur khusus dari Sentra PKL di lahan eks Bioskop Indra menuju TKP di Jalan Beskalan.

“Selain itu, nanti dengan DPUP-ESDM akan kerja sama. Nanti ada akses masuk dari Eks Bioskop Indra ke Beskalan. Ada jalan terhubung, supaya yang ditaruh di Sentra PKL tidak harus lewat Malioboro. Rencananya seperti itu tapi akan dilihat dulu,” terangnya.

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…