Harley-Davidson Project Livewire. (Istimewa/News Atlas) Harley-Davidson Project Livewire. (Istimewa/News Atlas)
Senin, 5 Februari 2018 14:45 WIB JIBI/Solopos.com/Okezone Roda 2 Share :

Harley Davidson Produksi Motor Listik Pertama Tahun Depan

LiveWire diperkenalkan sekitar empat tahun lalu dengan jarak tempuh hanya 85 km.

Solopos.com, NEW YORK – Harley memastikan bakal memproduksi dan meluncurkan motor listrik pertama mereka pada tahun depan. Sebelumnya, proyek motor listrik Harley-Davidson yang menghadirkan model purwarupa bernama Live Wire.

LiveWire diperkenalkan sekitar empat tahun lalu dengan jarak tempuh hanya 85 km. Pengumuman pabrikan motor besar asal Amerika Serikat itu pada awal tahun ini kemudian mengingatkan lagi terhadap motor prototipe tersebut.

“Perusahaan menargetkan untuk meluncurkan motor listrik perdana dalam 18 bulan ke depan,” kata Harley dalam laporan penjualan akhir 2017 mereka, seperti diwartakan Auto Evolution baru-baru ini.

Ini berarti, kuda besi listrik berlogo Harley bakal menampakkan dirinya pada sekitar pertengahan 2019. Harley sendiri tidak menyebutkan seberapa mirip model itu nanti dengan LiveWire.

Pastinya, jarak tempuh harus lebih jauh dibandingkan LiveWire jika mereka ingin motor tersebut diminati. “Hari ini, kami mengumumkan akan berinvestasi secara agresif untuk memimpian pengaplikasian teknologi listrik di sepeda motor untuk menginspirasi konsumen baru di kalangan generasi muda,” papar Harley lagi.

Penjualan Harley sendiri saat ini memperlihatkan tak terlalu baik. Secara global, transaksi jual-beli mereka turun 6,7 persen di 2017.

Di AS, penjualan mereka turun 8,5 persen. Padahal, pasar utama mereka adalah rumah sendiri.

Harley sendiri sudah mengungkapkan rencana meluncurkan 100 motor baru dalam 10 tahun ke depan, termasuk di dalamnnya menghadirkan tiga seri baru yaitu Bronx, Pan America, juga 48X demi menggaet pembeli baru. Tampaknya, motor listrik Harley kelak bakal jadi seri baru yang keempat.

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…