Reruntuhan Kota Pompeii. (Wikimedia.org) Reruntuhan Kota Pompeii. (Wikimedia.org)
Senin, 5 Februari 2018 00:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI
5 Februari, Ulang Tahun Teves, Ronaldo, dan Neymar

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 5 Februari dihimpun dalam tulisan berikut.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 5 Februari. Tiga di antaranya adalah kelahiran tiga bintang sepak bola dunia, yakni Carlos Alberto Martinez Tevez pada tahun 1984, Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro pada 1985, dan Neymar da Silva Santos Junior pada 1992.

Demi mengenang berbagai peristiwa bersejarah di dunia itu, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 5 Februari, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

62
Gempa bumi memporak-porandakan Kota Pompeii dan Herculaneum. Para arkeolog meyakini gempa bumi tersebut sebagai bencana terbesar yang melanda Pompeii dan Heruclaneum sebelum meletusnya Gunung Vesuvius pada 79. Pompeii adalah sebuah kota di dekat Napoli, Italia yang kini tinggal puing-puing bangunan.

1782
Pasukan Spanyol berhasil merebut Pulau Minorca dari cengkeraman Inggris. Pulau Minorca berlokasi di Laut Tengah dan merupakan pulau terbesar kedua di Kepulauan Baleares. Keberhasilan Spanyol itu diraih setelah melakukan invasi sejak 19 Agustus 1781.

1918
Kapal milik Inggris, SS Tuscania, tenggelam setelah ditorpedo kapal selam milik Jerman di lepas pantai Irlandia. SS Tuscania menjadi kapal pengangkut pasukan Amerika Serikat (AS) ke Eropa pertama yang tenggelam akibat ditorpedo kapal selam milik Jerman.

Stephen W. Thompson. (Wikimedia.org)

Stephen W. Thompson. (Wikimedia.org)

1918
Pilot asal Amerika Serikat (AS), Stephen W. Thompson, berhasil menembak jatuh pesawat tempur milik Jerman di langit Saarbrucken, Jerman. Peristiwa itu menjadikan Thompson sebagai pilot pertama dari AS yang memenangi pertempuran udara atas Jerman dalam Perang Dunia I.

1933
Awak kapal De Zeven Provincien milik pemerintah Hindia-Belanda melakukan pemberontakan di kapal tersebut. Kapal tersebut yang berlabuh di Pelabuhan Uleelheue, Banda Aceh, diambil alih oleh beberapa awak kapal demi merebutnya dari tangan pemerintah Hindia-Belanda. Pemberontakan itu dip[icu pengurangan gaji para awak kapal sebesar 17%. Pemberontakan baru berhenti setelah kapal tersebut dibom menggunakan pesawat milik pemerintah Hindia-Belanda.

1941
Pasukan Sekutu menyerang Kota Keren di wilayah Eritrea, Afrika bagian timur demi merebutnya dari Italia. Serangan itu kemudian memecah pertempuran antara Sekutu dan Italia hingga hampir dua bulan. Sekutu pada akhirnya berhasil menang dan merebut Kota Keren dari cengkeraman Italia.

1984

Carlos Alberto Martinez Tevez. (JIBI/Solopos/Dok.)

Carlos Alberto Martinez Tevez. (JIBI/Solopos/Dok.)

Carlos Alberto Martinez Tevez lahir di Ciudadela, Buenos Aires, Argentina. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub besar di Eropa, yakni West Ham United, Manchester United, Manchester City, dan Juventus. Kini, Teves membela salah satu klub di tanah kelahirannya, Boca Juniors.

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro. (Eurosport.com)

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro. (Eurosport.com)

1985
Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro lahir di Funchal, Madeira, Portugal. Kini, ia menjadi mega bintang sepak bola yang bermain untuk salah satu klub raksasa di Eropa, Real Madrid. Pria yang juga dikenal dengan sapaan CR7 itu sudah mencetak 326 gol di Liga Spanyol sejak bergabung dengan Real Madrid pada 2009 lalu. Pemain yang biasa dipasang sebagai winger dan striker itu telah meraih penghargaan Ballon D’Or sebanyak lima kali.

Neymar membawa trofi Samba Gold (Fcbarcelona.com)

Neymar membawa trofi Samba Gold (Fcbarcelona.com)

1992
Neymar da Silva Santos Junior dilahirkan di Mogi das Cruzes, Brasil. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub besar di Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) sejak 2017. Sebelum membela PSG, Neymar pernah membela salah satu klub raksasa di Spanyol, Barcelona, dari 2013 hingga 2017.

2000
Sebanyak 60 sampai 82 orang di Novye Aldi, Groznensky, Chechnya tewas dibantai anggota Satuan Polisi Khusus Rusia. Persitiwa itu merupakan bagian dari pembersihan anggota gerakan separatis di Chechnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk catatan Peristiwa Dunia, 4 Februari
KLIK DI SINI untuk catatan Peristiwa Dunia, 2 Februari
KLIK DI SINI untuk catatan Peristiwa Dunia, 2 Februari

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…