Warga beraktivitas saat banjir di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta, Senin (5/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Galih Pradipta)
Senin, 5 Februari 2018 16:30 WIB Sholahuddin Al Ayyubi/JIBI/Bisnis Peristiwa Share :

BNPB Prediksi Pusat Kota Jakarta Tak akan Banjir Besar

BNPB memprediksi pusat kota Jakarta tidak akan mengalami banjir besar seperti tahun lalu.

Solopos.com, JAKARTA — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan DKI Jakarta tidak akan mengalami banjir besar seperti yang terjadi pada tahun lalu. Padahal intensitas curah hujan masih tinggi dan bendungan Katulampa berstatus siaga II pada pukul 13.45 WIB dengan ketinggian air mencapai 150 cm.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, memprediksi banjir hanya akan terjadi di sekitaran bantaran kali Ciliwung, namun hal tersebut tidak akan berdampak hingga ke pusat kota Jakarta. Menurutnya, hingga pukul 13.45 WIB status Bendungan Katulampa mulai turun menjadi siaga II dengan ketinggian air mencapai 150 cm.

Pada pagi tadi sekitar pukul 08.30 WIB, ketinggian air mencapai 220 cm dengan status siaga I. “Banjir hanya akan terjadi di sekitaran bantaran sungai Ciliwung, tidak akan meluas sampai ke pusat Jakarta,” tuturnya, Senin (5/2/2018).

Dia mengimbau agar seluruh masyarakat yang tempat tinggalnya dilewati oleh Kali Ciliwung seperti Katulampa, Sukasari, Baranangsiang, Babakan Pasar, Sempur, Pabaton, Kedung Badak, dan Kedung Halang untuk berhati-hati karena banjir akan segera datang. Sutopo juga mengimbau agar saat ini masyarakat menjauhi pinggiran kali Ciliwung karena aliran air diprediksi juga akan meningkat.

“?Kami mengimbau agar masyarat tetap berhati-hati dan tetap waspada terhadap banjir,” katanya.

lowongan pekerjaan
SALESMAN/GIRL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Orang Gila Gaya Baru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (13/2/2018). Esai ini karya Fajar S. Pramono, peminat isu sosial ekonomi dan alumnus Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah fajarsp119@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Belum hilang dari ingatan kita kasus penganiayaan atas diri…