Sriwijaya vs Arema (Instagram/@liga1match)
Minggu, 4 Februari 2018 21:35 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com Indonesia Share :

PIALA PRESIDEN 2018
Seru! Sriwijaya Bekuk Arema 3-1

Piala Presiden 2018 menyajikan pertandingan Sriwijaya vs Arema.

Solopos.com, SOLO – Sriwijaya FC berhasil melangkah ke babak semifinal Piala Presiden 2018. Hal itu dipastikan usai mereka mengalahkan Arema FC di babak delapan besar dengan skor 3-1.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Manahan, Solo, Minggu (4/2/2018) malam WIB, kedua tim tampak berimbang di awal-awal. Meski Sriwijaya lebih banyak menekan berkat tendangan-tendangan bebas yang didapat. Salah satunya di menit ke-11, namun peluang yang didapat Syahrian Abimanyu gagal dimanfaatkan menjadi gol.

Setelah sempat kesulitan membuat serangan, Arema mulai agresif ketika memasuki menit ke-20. Mereka bahkan mendapat peluang emas di menit ke-28. Dedik Setyawan mendapat bola di kotak penalti dan langsung melepaskan tendangan keras. Namun sepakannya justru menyamping.

Setelah water break, Arema terus mempertahankan permainan menyerang. Mereka mendapat kesempatan emas melalui Dendy Santo. Pemain yang didapuk kapten tim itu berada dalam posisi bebas di kotak penalti setelah menerima umpan. Namun, sontekannya berhasil ditepis Teja Paku Alam.

Sriwijaya juga sempat membalas lewat serangan balik. Berawal dari aksi individu Adam Alis, bola lantas dioper ke kotak penaltil. Beto yang sudah menunggu langsung menyundul bola namun masih menyamping. Hingga babak pertama usai, skor imbang 0-0 tetap bertahan.

Di babak kedua, Arema memasukkan Rifaldi. Mantan pemain Kalteng Putra ini mengandalkan kecepatannya untuk mendobrak pertahanan lawan. Dia pun menghasilkan peluang untuk Arema di menit ke-58 setelah dilanggar pemain Sriwijaya. Sayang tendangan bebas Ahmet Atayev masih menyamping.

Di menit ke-63, Arema mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Dedik Setyawan dilanggar Bio Paulin di kotak terlarang. Namun tendangan penalti Dedik justru bisa ditepis oleh Teja Paku Alam.

Setelah membuat blunder, Bio Paulin justru berhasil membuka kebuntuan Sriwijaya FC. Di menit ke-67, Bio Paulin mampu menjebol gawang Arema setelah memanfaatkan tendangan sudut Adam Alis. Dia memenangi duel udara dan merobek gawang Arema yang dijaga Kartika Adjie.

Menit ke-71, Sriwijaya mampu menambah keunggulan lewat pemain muda Syahrian Abimanyu. Pemain 18 tahun itu mencetak gol lewat tendangan bebas. Namun, Arema mampu memperkecil kedudukan 10 menit kemudian lewat penalti Ahmad Nur Hardianto.

Pada menit ke-85, Sriwijaya kembali menjauh. Mereka menambah keunggulan menjadi 3-1 berkat gol Alberto Goncalves.Gol tersebut berawal dari serangan balik cepat dengan kerjasama antara Makan Konate, Manucherkhir, dan Beto.

Susunan pemain

Sriwijaya FC: Teja Pakualam, Bio Paulin, Hamka Hamzah, Alfin Tuasalamonu, Adam Alis, Makan Konate, Marckho, Syahrian Abimanyu, Hyun Koo, Alberto Goncalves, Manucherkhir

Arema FC: Kartika Adjie, Bagas Adi, Purwaka Yudi, Alfarizi, Syaiful Indra, Atayev, Rodrigo dos Santos, Hendro Siswanto, Dendi Santoso, Dedik Setyawan

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…